Perdalam Pengetahuan Kepabeanan dan Cukai, Bea Cukai Berikan Edukasi pada Mahasiswa di Dua Wilayah Ini



Jakarta, 25-05-2023 – Bea Cukai senantiasa meningkatkan pemahaman masyarakat mengenai ketentuan di bidang kepabeanan dan cukai melalui edukasi dan sosialisasi. Kali ini, Bea Cukai bersinergi dengan lembaga pendidikan melalui kunjungan kampus ke kantor Bea Cukai di Badung, Bali, dan Surabaya, Jawa Timur.

Kanwil Bea Cukai Bali Nusra kembali bersinergi dengan lembaga pendidikan melalui kunjungan akademik mahasiswa Pariwisata dan Bisnis (IPB) Internasional  Bali, pada Senin (22/05). Sementara itu, Bea Cukai Tanjung Perak juga menerima kunjungan serupa dari mahasiswa Universitas Airlangga Surabaya, pada Senin (22/05).

Dalam kegiatan bertajuk “Campus goes to Customs” tersebut, para mahasiswa dibekali informasi mengenai tugas dan fungsi Bea Cukai di lapangan. Pada Bea Cukai, terdapat pekerjaan yang terbagi dalam beberapa unit, antara lain customs tactical unit (CTU), instruktur atau pawang anjing pelacak (K9), pemeriksa barang, auditor, peneliti dokumen, marine customs, analis laboratorium, dan customer service.

Para mahasiswa juga dibekali pengetahuan mengenai alur ekspor dan impor beserta regulasi yang berlaku, seperti tata cara registrasi IMEI, informasi barang kiriman, barang bawaan penumpang dari luar negeri, dan modus penipuan mengatasnamakan Bea Cukai.

Kepala Subdirektorat Humas dan Penyuluhan Bea Cukai, Hatta Wardhana, mengungkapkan bahwa kunjungan mahasiswa ini bertujuan untuk memberikan sudut pandang dan pemahaman kepada mahasiswa mengenai tugas dan fungsi Bea Cukai.

“Pembelajaran secara langsung  diharapkan dapat menjadikan mahasiswa lebih aware. Selain itu, informasi dan pengalaman yang disampaikan dapat diterima dengan lebih baik. Kami juga berharap, para mahasiswa dapat menjadi agen penyuluhan bagi kalangan akademisi dan masyarakat sekitar tentang ilmu-ilmu kepabeanan dan cukai,” pungkasnya.