• Bea Cukai Terima Kunjungan Jiaxing Municipality Bahas Penguatan Hubungan dan Peningkatan Investasi

    Jakarta, 21 Juni 2024 – Bea Cukai Indonesia menerima kunjungan delegasi dari Jiaxing Municipality, Republik Rakyat Tiongkok (RRT), pada Kamis (20/04). Kunjungan ini bertujuan untuk memperkuat hubungan strategis komprehensif antara Indonesia dan RRT serta mendiskusikan berbagai isu antara lain, kebijakan tarif perdagangan, customs clearance, dan Mutual Recognition Arrangement on Authorized Economic Operator (MRA AEO) sebagai upaya untuk meningkatkan investasi dan memperluas perdagangan.

    Read More
  • UMKM Sulawesi Gali Potensi Ekspor di Pelatihan Next Level Goes to Malino

    Makassar, 21-06-2024 – Bea Cukai berupaya mendukung pertumbuhan usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) dengan menyelenggarakan pelatihan ekspor bertajuk “Next Level Goes to Malino”. Pelatihan berlangsung pada 6-7 Juni 2024 di Gowa dan dihadiri oleh UMKM yang sebagian besar berasal dari Malino.

    Read More
  • Bea Cukai Yogyakarta Ajak Warga Banguntapan dan Bangunjiwo Gempur Rokok Ilegal

    Yogyakarta, 21-06-2024 - Bea Cukai Yogyakarta gelar Sosialisasi Gempur Rokok Ilegal di dua kecamatan, yakni di Kecamatan Banguntapan dan Bangunjiwo, Bantul, Yogyakarta. Kegiatan ini menjadi langkah preventif Bea Cukai Yogyakarta dalam mencegah peredaran rokok ilegal di tengah masyarakat.

    Read More
  • Dukung Industri Lokal, Bea Cukai Yogyakarta Fasilitasi CV Thasinda Putraprima dengan KITE IKM

    Yogyakarta, 21-06-2024 –Bea Cukai Yogyakarta kembali menjalankan perannya sebagai trade facilitator dan industrial assistance dengan menunjukkan komitmennya untuk dapat meningkatkan dan juga mendukung industri dalam negeri untuk dapat tumbuh dan berkembang dengan baik. Salah satunya dengan memberikan fasilitas kemudahan impor tujuan ekspor untuk industri kecil dan menengah (KITE IKM) kepada salah satu pengusaha handicraft asal Bantul, DIY CV Thasinda Putraprima.

    Read More
  • Lakukan Customs Visit Customer, Bea Cukai Optimalkan Pelayanan kepada Pengguna Jasa

    Jakarta, 21-06-2024 - Sebagai industrial assistance, Bea Cukai memiliki fungsi untuk membantu pergerakan, kemajuan dan perkembangan industri dalam negeri. Bea Cukai melalui unit vertikalnya, yaitu Bea Cukai Teluk Bayur dan Bea Cukai Bekasi lakukan kegiatan bertajuk Customs Visit Customer (CVC) atau kunjungan kerja ke perusahaan pengguna fasilitas kepabeanan.

    Read More
  • Impor Barang untuk Keperluan Penelitian Bebas Bea Masuk, Ini Prosedurnya

    Jakarta, 20 Juni 2024 – Pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi merupakan salah satu pilar utama dalam meningkatkan daya saing nasional. Di era globalisasi dan persaingan yang semakin ketat, inovasi menjadi kunci utama untuk memajukan ekonomi dan meningkatkan kualitas hidup masyarakat. Melalui tujuan tersebut, pemerintah sebagai regulator dan fasilitator, wajib memberikan pemenuhan segala fasilitas yang dibutuhkan dalam pengembangan ilmu pengetahuan, termasuk memberikan fasilitas untuk importasi barang-barang penelitian dan pengembangan ilmu pengetahuan.

    Read More
  • Bea Cukai Perkuat Sinergi Antarinstansi untuk Stabilitas Ekonomi dan Keamanan Negara

    Jakarta, 20-06-2024 – Sinergi antarinstansi menjadi kunci penting dalam upaya Bea Cukai untuk menjaga stabilitas ekonomi dan keamanan negara. Dalam era globalisasi dan digitalisasi saat ini, tantangan yang dihadapi oleh Bea Cukai semakin kompleks dan dinamis. Oleh karena itu, kerja sama yang kuat dengan berbagai instansi terkait menjadi sangat krusial.

    Read More
  • Jalin Sinergi dengan Pemerintah Daerah, Bea Cukai Dukung Digitalisasi dan Globalisasi UMKM

    Bekasi, 20-06-2024 – Bea Cukai Bekasi turut hadir mengisi sesi talk show bertajuk “Trik Jitu UMKM Siap Ekspor” pada festival bazar usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) yang digelar oleh Kemenkeu Satu di halaman Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Perbendaharaan (DJPb) Jakarta, pada Jumat (22/06). Materi disampaikan oleh Undani, Kepala Seksi Penyuluhan dan Layanan Informasi Bea Cukai Bekasi.

    Read More
  • Bea Cukai Tingkatkan Edukasi Kepabeanan bagi Pekerja Migran Indonesia

    Jakarta, 20-06-2024 - Bea Cukai, sebagai salah satu instansi pemerintah yang bertanggung jawab atas pengawasan dan pengaturan lalu lintas barang di Indonesia, memiliki peran vital dalam memberikan edukasi kepabeanan kepada Pekerja Migran Indonesia (PMI). Edukasi kepabeanan ini memiliki berbagai manfaat yang sangat penting bagi para PMI, yang tidak hanya berfungsi sebagai panduan dalam aktivitas mereka di luar negeri, tetapi juga sebagai pelindung hak dan kewajiban mereka ketika kembali ke tanah air.

    Read More
  • Program Customs Goes To Campus Dorong Literasi Kepabeanan di Kalangan Mahasiswa

    Jakarta, 20-06-2024 - Bea Cukai melalui unit vertikalnya secara aktif memperkenalkan perannya kepada mahasiswa melalui program Customs Goes To Campus. Kantor Wilayah (Kanwil) Bea Cukai Sulawesi Bagian Selatan (Sulbagsel) menggelar acara bertajuk “Kenali Aturannya, Nikmati Fasilitasnya” di Universitas Negeri Makassar, pada Rabu (12/06).

    Read More