Pertambangan
FAQ terkait dengan Fasilitas Pertambangan :Pertambangan
Subdirektorat Fasilitas Pertambangan mempunyai tugas melaksanakan penyiapan bahan perumusan kebijakan, standardisasi dan bimbingan teknis, serta evaluasi dan harmonisasi kebijakan di bidang fasilitas pertambangan dan energi.
1. TUGAS DAN FUNGSI
Subdirektorat Fasilitas Pertambangan menyelenggarakan fungsi:
a. penyiapan bahan perumusan kebijakan, standardisasi dan bimbingan teknis di bidang fasilitas pertambangan minyak dan gas bumi;
b. penyiapan bahan perumusan kebijakan, standardisasi dan bim bingan teknis di bi dang fasili tas pertam bangan dan energi selain minyak dan gas bumi; dan
c. penyiapan bahan perumusan kebijakan, standardisasi dan bimbingan teknis, evaluasi pelaksanaan dan harmonisasi kebijakan fasilitas pertambangan dan energi.
2. DAFTAR REGULASI
a. PMK Nomor 217/PMK.04/2019tentang fasilitas pembebasan bea masuk dan/atau tidak dipungut PDRI atas barang impor untuk kegiatan usaha hulu migas
b. PMK Nomor 218/PMK.04/2019sebagaimana telah diubah dengan PMK Nomor 172/PMK.04/2022 tentang fasilitas pembebasan bea masuk dan/atau tidak dipungut PDRI atas barang impor untuk kegiatan penyelenggaraan panas bumi.
c. Perdirjen nomor PER-10/BC/2022tentang Tata laksana pemotongan kuota barang impor yang mendapat fasilitas pembebasan atau keringanan bea masuk atau bea masuk ditanggung pemerintah
d. Surat Edaran Nomor SE-27/BC/2022 Tentang Pedoman Pemasukan Barang Fasilitas Pembebasan Bea Masuk Dan Atau Tidak Dipungut Pajak Dalam Rangka Impor Barang Usaha Hulu Minyak Dan Gas Bumi Dari Kawasan Berikat Dan / Atau Tempat Lain Dalam Daerah Pabean Ke Pusat Logistik Berikat
e. Surat Edaran Nomor SE-13/BC/2021 Tentang Pedoman Pencatatan Pemotongan Kuota Atas Barang Impor Yang Mendapatkan Fasilitas Pembebasan Bea Masuk Dan Atau Tidak Dipungut Pajak Dalam Rangka Impor Secara Manual Melalui Sistem Terintegrasi
f. Surat Edaran Nomor SE-26/BC/2020 Tentang Pedoman Monitoring dan Evaluasi Atas Pemberian Fasilitas Pembebasan Bea Masuk Dan Atau Tidak Dipungut Pajak Dalam Rangka Impor atas Impor Barang Usaha Hulu Migas serta Kegiatas Penyelenggaraan Panas Bumi
3. OUTPUT DAN INOVASI
Selama 2 tahun terakhir Subdirektorat Pertambangan telah melakukan inovasi berupa:
a. Telah diimplementasikan Pemotongan Kuota barang impor yang mendapat fasilitas pertambangan secara Manual Terintegrasi dengan menggunakan aplikasi Potong Kuota pada pada Portal INSW
b. Pengembangan aplikasi SoFast dengan penambahan fitru Notifikasi pada gawai Pejabat penerima permohonan Fasilitas Pertambangan
c. Telah disusun Kajian Tentang Pemberian Fasilitas Kepada Industri Pendukung Usaha Hulu Migas
d. Telah disusun Kajian Tentang Perubahan PMK 218 Tahun 2019 tentang fasilitas pembebasan bea masuk dan/atau tidak dipungut PDRI atas barang impor untuk kegiatan penyelenggaraan panas bumi, yang digunakan sebagai dasar penyusunan PMK Nomor 172/PMK.04/2022.
4. FAQ
1. | When will the service time start? |
Answer: | |
The service time of import duty exemption will start after the Applicant submits the hardcopy. Customs officer will issue document receipt (TTPB) and give it to the Applicant | |
2. | What is the service time for the issuance of import duty exemption decision? |
Answer: | |
The service time of import duty exemption and/or free of VAT or VAT and Luxury Tax are based on: a. Regulation of Ministry of Finance No. 20/PMK.010/2005 regarding The Exemption of Import Duty and free Import Related Tax on import products based on Production Sharing Contracts of Oil and Gas: 5 (five) work days; b. Regulation of Ministry of Finance No. 78/PMK.010/2005 regarding The Exemption of Import Duty of Imported Goods for Geothermal Activity based on the contract before the Implementation of Law No. 27 of 2003: 14 (fourteen) work days; or c. Regulation of Ministry of Finance No. 177/PMK.011/2007 regarding the Exemption of Import Duty of Imported Goods for Upstream Oil, Gas and Geothermal. | |
3. | Is the hardcopy still needed after uploading the document on the service user portal? |
Answer: | |
Yes, the hardcopy documents need to be submitted after the Applicant receive electronic notification from The Analyze Officer on service user portal, such as the application and the attachments. | |
4. | What if the application cannot be submitted electronically due to technical problems with the SOFast application? |
Answer: | |
The Applicants shall inform the trouble to the Director of Customs facilities and submit the application manually. | |
5. | Will the Applicant get the original copy of the decision letter? |
Answer: | |
Yes, the Applicant will get not only the copy through service user portal (the copy of decision letter without the officer’s signature), but also the original copy one. The applicant must pick it up at the administration section of the Directorate of Customs Facilities by showing the application document receipt. The original copy will not be sent to the applicant. | |
6. | Any cost for the application? |
Answer: | |
No cost shall be incurred for our service. |