Sharing Session dengan PPJK dan PJT dalam Mewujudkan Sinergi Layanan yang Makin Baik
Sebagai Aparatur Sipil Negara (ASN), memberikan pelayanan yang terbaik kepada masyarakat tentunya sudah menjadi kewajiban. Untuk mewujudkannya, organisasi perlu untuk mengetahui kendala yang terjadi di lapangan yang dialami masyarakat, khususnya bagi para pengguna jasa. Sehingga organisasi dapat mengkaji ulang pelayanan yang diberikan, dan menyempurnakannya. 

Maka dari itu, demi mengoptimalkan pelayanan kepada pengguna jasa, pada hari Selasa 10 September 2019, Bea Cukai Soekarno Hatta mengundang perwakilan Perusahaan Pengurus Jasa Kepabeanan (PPJK) dan Perusahaan Jasa Titipan (PJT) untuk menghadiri Sharing Session dengan tema Mewujudkan Sinergi Layanan yang Makin Baik, yang diadakan di Aula Gedung B. 

Acara dibuka dengan sambutan langsung dari Kepala Kantor Erwin Situmorang, yang pada kesempatan ini menyampaikan bahwa Bea Cukai Soekarno-Hatta tidak akan berhenti untuk terus menyempurnakan pelayanan. Erwin melanjutkan bahwa dibutuhkan komunikasi dan kerja sama antara Bea Cukai Soekarno-Hatta dan pengguna jasa untuk mewujudkan hal itu. 

Memasuki sesi pembawaan materi, Kepala Seksi Fasilitas Pabean Cukai I Muhammad Faisal Riza memaparkan mengenai layanan di bidang kepabeanan di Front Desk Gedung B meliputi layanan manifes, layanan impor umum, serta fasilitas berupa pemberian perizinan dan pembebasan. Faisal melanjutkan, bahwa saat ini sedang dirancang Aplikasi Loket, yang bertujuan mengintegrasi sebagian layanan yang telah dijabarkan sebelumnya. 

Dilanjutkan dengan sesi tanya jawab, di mana tak sedikit pertanyaan yang disampaikan oleh peserta yang hadir yaitu seputar pelayanan Front Desk Gedung B, yang diharapkan dapat lebih dioptimalkan. Selain itu beberapa peserta juga menyampaikan apresiasinya mengenai kegiatan semacam ini, karena menjadi wadah bagi pengguna jasa untuk menyalurkan hambatan yang ditemui di lapangan baik yang bersifat teknis maupun non-teknis. 

Julius Agung Prijono selaku Kepala Subbagian Dukungan Teknis menambahkan bahwa terkait Aplikasi Loket tersebut nantinya akan memudahkan distribusi dokumen. Pelayanan Front Desk Gedung B juga akan ditata sedemikian rupa sehingga dapat menyerupai sistem pelayanan di Gedung A yang menggunakan mekanisme one-door, yaitu satu loket untuk semua jenis layanan. 

Erwin Situmorang di penghujung acara berkata bahwa Sharing Session akan menjadi agenda rutin, sehingga pertemuan akan diadakan pertemuan serupa pada waktu lainnya. Erwin juga berkata bahwa Sharing Session ini sebagai momen untuk mengenalkan inovasi pelayanan kepada masyarakat yang transparan, yang merupakan salah satu indikator bagi instansi pemerintah dalam mewujudkan Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih Melayani (WBBM).
.
#beacukaimakinbaik #beacukaisoekarnohatta #bcsoetta #sharingsession #pelayananpublik #fasilitaskepabeanan #wbkwbbm