Semarak Ramadhan : Bea Cukai Bogor Gelar Beragam Acara di Bulan Suci Ramadhan

Dalam memeriahkan bulan suci Ramadhan pada Jum’at (22/03) Bea Cukai Bogor menggelar serangkaian acara yang penuh semangat dan kegembiraan. Suasana semarak menyelimuti kantor Bea Cukai Bogor seiring dengan beragam kegiatan yang telah digelar untuk memperkaya pengetahuan agama Islam baik dalam keimanan maupun kegiatan sosial. Kegiatan dimulai dari lomba Tilawah Al-Qur’an, Kuis “Siapa Berani”, Takjil on The Road, Bintal, kegiatan amal berupa santunan anak yatim, hingga buka bersama yang diikuti oleh para pegawai Bea Cukai Bogor.

 

Dengan mengangkat tema "Jadikan Bulan Ramadhan Sebagai Waktu Refleksi Diri dan Mendapatkan Ridho Ilahi", acara dimulai dengan lomba tilawah Al-Qur'an yang diikuti oleh 15 pegawai dari berbagai seksi. Lomba ini digelar di Aula Lantai 3 Kantor Bea Cukai Bogor dan dinilai langsung oleh dewan juri. Setelah itu, acara dilanjutkan dengan lomba cerdas cermat dalam bentuk kuis "Siapa Berani" yang diikuti oleh 5 tim. Setiap tim berusaha keras untuk memperoleh poin tertinggi, pertarungan sengit tersebut menambah keseruan acara. Para pendukung tim juga turut berpartisipasi dengan semangat untuk mendukung tim jagoannya.

Menjelang berbuka puasa, para pegawai Bea Cukai Bogor mengadakan kegiatan sosial bernama “Takjil on The Road”, sejumlah takjil dibagikan kepada para warga yang berada di sekitar Kantor Bea Cukai Bogor. Antusiasme warga terlihat jelas ketika mereka menerima takjil tersebut. Acara ini menjadi momen yang penuh kehangatan dan kebersamaan, dimana para pegawai dan warga saling berbagi kebahagiaan menjelang berbuka puasa.

Acara kembali berlanjut di Aula Lantai 3 Kantor Bea Cukai Bogor dengan kegiatan amal berupa santunan anak yatim. “Semoga apa yang kami berikan dapat bermanfaat dan digunakan dengan sebaik-baiknya oleh adik-adik. Kami berharap bahwa dengan sedikit bantuan ini, dapat menambah semangat dan membawa keceriaan di bulan Ramadhan ini.” ucap Budi Harjanto selaku Kepala KPPBC TMP A Bogor. 

Memasuki acara inti yaitu Bintal, Pada kesempatan ini, Bea Cukai Bogor mengundang Ustadz  DR Agus Setiawan, MA, yang menjelaskan terkait pentingnya zakat dan sedekah di bulan Ramadhan “Memberikan sedekah dan zakat di bulan Ramadhan bukan hanya merupakan kewajiban agama, tetapi juga merupakan kesempatan emas untuk meningkatkan kebaikan, membersihkan diri, dan mendapatkan berkah serta rahmat Allah SWT, ” terangnya.

Pada akhir acara, hasil pemenang lomba diumumkan. Lomba tilawah Al-Qur'an dimenangkan oleh Yusuf Isa (Seksi Perbendaharaan) sebagai juara pertama, diikuti oleh Raditya Ishak (Seksi P2) sebagai juara kedua, dan Winasis Dwi Eskaraharjo (Seksi PKC Dinas Luar) sebagai juara ketiga. Sementara itu, dalam lomba kuis "Siapa Berani", tim PKC Dinas Dalam, Perbendaharaan, dan PDAD meraih juara pertama, diikuti oleh Tim Umum, KI dan PLI sebagai juara kedua, dan Tim PKC Dinas Luar sebagai juara ketiga. Acara ditutup dengan buka puasa bersama, diharapkan melalui kegiatan ini para pegawai dapat merasakan kehangatan dan berbagi keberkahan di bulan Ramadhan.