Roadshow Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) di Kabupaten Jeneponto

Bea Cukai Makassar, bekerja sama dengan Pemerintah Daerah Kabupaten Jeneponto, Bank Indonesia Sulsel, dan perwakilan perbankan, kembali menyelenggarakan PEN Roadshow di Kabupaten Jeneponto. Kegiatan ini bertujuan menghubungkan rantai pasok dalam kegiatan ekspor dengan menghadirkan eksportir dan para pelaku UMKM di Jeneponto sebagai daerah sumber bahan baku. 

Kepala Kantor Wilayah Bea Cukai Sulbagsel, Nugroho Wahyu Widodo, dalam sambutannya mengajak seluruh elemen yang terlibat untuk bahu-membahu dalam pemulihan ekonomi nasional. "Mari kita sinergikan amanah-amanah yang dititipkan ke kita demi kesejahteraan masyarakat Jeneponto." 

Rangkaian PEN Roadshow kali ini terbagi menjadi dua kegiatan. PEN Roadshow dibuka dengan acara talkshow "Turatea Bisa Ekspor" dengan menghadirkan 4 narasumber, yaitu: Andhi Pramono selaku Kepala Bea Cukai Makassar, Sri Wahyuni dari CV Morisama Sejahtera Indonesia, Asriyhani dari CV Coconut Internasional Indonesia, dan Muh. Taufiqi Akbar dari Bank Mandiri. 

Sesi talkshow yang dipandu oleh Efie Kurniawan Thaha berjalan sangat interaktif dengan membahas seputar kemudahan ekspor, tips dan trik menjaga kualitas, kuantitas, dan kontinuitas dalam memasarkan produk di pasar internasional, pengurusan perizinan, hingga pembiayaan untuk ekspor. Talkshow ini diharapkan dapat menjadi wadah edukasi bagi para pelaku UMKM Jeneponto sekaligus menjembatani rantai pasok dalam kegiatan ekspor. 

Setelah itu, seluruh tim berkesempatan mengunjungi langsung salah satu rumah produksi gula merah cair yang merupakan produk unggulan dari Kabupaten Jeneponto. Kunjungan ini dimaksudkan untuk mendengarkan langsung kendala yang dihadapi untuk dicarikan solusi terbaik. 

Rangkaian PEN Roadshow ini diharapkan dapat menjadi katalisator untuk mendongkrak perekonomian Indonesia agar pulih lebih cepat, dan bangkit lebih kuat.


.