Pentingnya Kesehatan Mental di Lingkungan Kerja

Hai SobatIsun!

Siapa di antara kalian yang pernah mengalami insomnia (gangguan tidur)? Wah, ternyata gangguan tidur jadi salah satu ciri gangguan kesehatan mental lho SobatIsun.

Waduh, berarti kalau sering insomnia tandanya gila dong? Tentu tidak.

 

Seringkali kesehatan mental disandingkan  dengan kondisi depresi, gila, stress, atau rasa kurang bersyukur atas hidup yang dijalani. Nah, untuk meluruskan stigma negatif tentang kesehatan mental, pada hari Jumat (09/09), Bea Cukai Banyuwangi mengadakan Bintal Pegawai tentang Pentingnya Kesehatan Mental di Dunia Kerja dan Cara Merawatnya. Kegiatan bintal dilaksanakan secara langsung di Aula Kawah Ijen Kantor Bea Cukai Banyuwangi dengan rangkaian acara yang edukatif, menarik, dan pastinya berkesan bagi para Pejabat dan Pegawai yang hadir.


Rangkaian acara diawali dengan sambutan Kepala Seksi Perbendaharaan, Ulfa Alfiah. Dalam sambutannya, Beliau menyampaikan bahwa kesehatan mental di lingkungan kerja sangat penting karena menjadi faktor yang akan mempengaruhi kualitas kerja dan karya yang dihasilkan. Kesehatan mental harus senantiasa dijaga dengan benar supaya dapat memberikan pengaruh positif bagi diri sendiri, orang sekitar, dan organisasi. Pemateri dalam bintal pegawai kali ini adalah seorang psikolog lulusan S2 Magister Psikologi Profesi Universitas Gadjah Mada Yogyakarta yaitu Kak Husna Faizah, S.Psi, M.Psi., Psikolog. Sebagai pengantar materi, Kak Husna Faizah menyampaikan tentang fakta kesehatan mental di lingkungan kerja menurut WHO. Lalu Kak Husna mengarah ke topik yang lebih spesifik tentang faktor-faktor yang menimbulkan dampak negatif bagi kesehatan mental, pengertian kesehatan mental, gangguan kesehatan mental di dunia kerja, serta cara menjaga kesehatan mental bagi diri sendiri dan memberikan pertolongan bagi orang lain yang mengalami gangguan kesehatan mental. Setelah penyampaian materi, dilanjutkam dengan sesi diskusi interaktif yang ditanggapi dengan sangat antusias oleh para Pejabat dan Pegawai Kantor Bea Cukai Banyuwangi.
Dengan dilaksanakannya kegiatan bintal pegawai tentang kesehatan mental di lingkungan kerja dan cara merawatnya, diharapkan para Pejabat dan Pegawai Kantor Bea Cukai Banyuwangi lebih memperhatikan dan peduli tentang kondisi kesehatan mental dan mampu merawatnya dengan cara yang baik dan benar sehingga dapat bekerja dengan produktif dan mampu menghasilkan karya yang berkualitas bagi institusi tercinta, Direktorat Jenderal Bea dan Cukai. Quotes of the day sebagai pengingat untuk kita semua "Tidak ada kesehatan, tanpa kesehatan jiwa"