Mengenal PCB board

Sobat BC Bekasi, dalam keseharian kita di abad modern ini, hampir selalu ditemui seluruh aktifitas kita baik itu bekerja, belajar, maupun menjalankan hobi kita selalu menggunakan perangkat elektronik. Aktifitas di kantor hampir pasti menggunakan komputer. Hampir seluruh alat elektronik tersebut menggunakan daya listrik sebagai power source untuk menjalankan fungsi alat elektronik tersebut. Untuk menghubungkan power source (listrik) dengan alat elektronik agar berfungsi seperti yang diinginkan, diperlukan suatu panel atau papan yang dikenal dengan papan PCB.

Sobat BC Bekasi, tulisan singkat kali ini mengajak kita mengenal apa itu PCB. Tulisan ini berawal dari agenda kunjungan Bea Cukai Bekasi ke salah satu perusahaan penerima fasilitas Kawasan Berikat, PT. Katolec Indonesia (KAI). PT. KAI memproduksi banyak jenis komponen elektronik. Ada yang berupa produk akhir siap pakai, dan ada juga yang merupakan setengah jadi yang merupakan komponen pendukung untuk produk lain yang akan dibuat selanjutnya. Produk yang dihasilkan pada umumnya komponen elektronik yang berupa PCB board. PCB board di PT KAI dibuat sesuai pesanan (customized) sesuai dengan jenis elektronik.

Tulisan ini adalah tulisan ringkas dan merupakan pengantar pengenalan tentang apa itu PCB board. Sobat BC Bekasi perlu membaca lebih lanjut referensi lain yang lebih lengkap jika ingin mendalami lagi pengetahuan tentang PCB board ini.

PCB itu apa ya?

Dari namanya, PCB merupakan singkatan dari Printed Circuit Board atau kalau diterjemahkan ke dalam Bahasa Indonesia menjadi Papan Rangkaian Cetak atau Papan Sirkuit Cetak. PCB adalah suatu board yang mengkoneksikan komponen-komponen elektronik secara konduktif dengan jalur (track), pads, dan via dari lembaran tembaga yang dilaminasikan pada substrat non konduktif. PCB bisa berbentuk 1 layer, 2 layer atau banyak layer (multilayer). PCB dapat dijumpai di hampir semua peralatan elektronika seperti handphone, televisi, mobil, motor, dan lain lain. Banyak hal yang harus dipertimbangkan oleh seorang desainer untuk bisa mendesain papan sirkuit cetak yang bisa berfungsi sesuai dengan spesifikasi yang ditentukan.

PCB ditemukan oleh seorang ilmuwan Austria yang bernama Paul Eisler pada tahun 1936. Paul Eisler menggunakan PCB pertama kalinya di sebuah rangkaian Radio. Kemudian pada tahun 1943, Amerika Serikat mulai memanfaatkan teknologi PCB ini pada Radio Militer dalam skala yang lebih besar.

PCB board merupakan papan rangkaian yang terbuat dari bahan ebonit ( Pertinax ) atau fiber glass dimana salah satu sisi permukaannya dilapisi dengan tembaga tipis. Jenis ini umumnya disebut single side karena hanya memiliki satu permukaan yang berlapiskan tembaga. Sedangkan PCB yang kedua sisinya digunakan untuk pembuatan rangkaian yang bersifat kompleks dan rumit, sehingga kedua bagian sisinya dapat difungsikan sebagai jalur – jalur pengawatan, PCB ini juga berfungsi sebagai dudukan komponen – komponen.

Pada saat rangkaian dihubungkan dengan sumber tegangan, maka jalur – jalur pengawatan pada PCB ini akan berfungsi sebagai penghantar arus listrik. Jalur–jalur pengawatan tersebut akan menghubungkan satu komponen dengan komponen yang lain secara terpadu, sehingga berbentuk suatu rangkaian elektronik.

Rangkaian PCB berbeda-beda untuk untuk masing-masing jenis elektronik. Bisa dikatakan bahwa PCB adalah salah satu komponen vital dalam produk-produk elektronik.

Nah sobat BC Bekasi, dapat kita pahami bersama bahwa PCB board ini sangat bermanfaat dan berperan penting dalam membantu suatu alat elektronik bekerja dengan baik.

Sampai jumpa di edisi selanjutnya ya

Keterangan foto tidak tersedia.