Komoditi Pala dan Cengkih Makassar, Tembus Pasar Rusia

 



Makassar, 11-01-2022 - Bea Cukai Makassar kembali fasilitasi ekspor perdana, kali ini ekspor komoditas pala dan cengkih milik CV Surya Mandiri Sejahtera ke pasar Rusia. Pelayanan dan pemberian fasilitas ekspor ini merupakan salah satu upaya Bea Cukai dalam mendorong program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN).

Berlokasi di Terminal Peti Kemas Pelabuhan Laut Soekarno-Hatta, Kepala Bea Cukai Makassar, Andhi Pramono, menjelaskan bahwa dalam ekspor perdana CV Surya Mandiri Sejahtera ini, berhasil mengirim pala dan cengkih dengan volume ekspor 15 ton. Diperkirakan nilai ekspor nya mencapai USD 123.386,36, atau setara dengan Rp 1,7 miliar.

Andhi menambahkan bahwa pihaknya sangat mendukung perkembangan ekspor komoditi lokal dari Makassar. “Wilayah Sulawesi Selatan sangat berpotensi menghasilkan berbagai komoditi pertanian. Kakao, kopi, lada, padi, jagung, dan cengkih, harus terus kita perhatikan agar lebih berkembang, sehingga mampu bersaing di pasar ekspor. Sehingga berdampak positif bagi perekonomian masyarakat Sul-Sel,” imbuhnya.

“Kami sampaikan terima kasih kepada Dinas Perdagangan Provinsi Sul-Sel, Karantina Pertanian, dan berbagai instansi terkait yang turut hadir dalam pelepasan ekspor perdana ini. Besar harapan bersama dari sinergi ini dapat membangkitkan ekspor, serta menggerakkan roda perekonomian khususnya sektor pertanian di Sulawesi Selatan,” pungkas Andhi.