Kantor Terbaik dengan Segudang Pengalamannya

Hari pertama saya memasuki kantor Bea Cukai Kualanamu tak tebayangkan seperti apa berada didalamnya karena memang pertama kali juga memasuki kantor bea cukai yang berbasis pengawasan dan pelayanan, dan hanya menduga seperti pada kantor-kantor pada umumnya. Ketika memasuki kantor ini saya cukup tercengang bahwa kantor ini walaupun masih berumur sebiji jagung tetapi sudah memiliki fasilitas yang sangat lengkap. Pada hari berikutnya, barulah saya tahu bahwa kantor ini bukan hanya sekedar kantor biasa seperti pada umumnya, melainkan merupakan Kantor Pelayanan Terbaik (KPT) Tahun 2018 di lingkungan Kementerian Keuangan dimana pesaingnya bukan hanya dari Direktorat Jenderal Bea dan Cukai melainkan seluruh direktorat di bawah Kementerian Keuangan Republik Indonesia. Saya cukup terkejut mengetahuinya dan sempat berfikir pantas saja mendapatkan gelar tersebut dengan fasilitas yang begitu lengkap seperti ini, dan juga banyak pertanayaan mengalir di benak saya, salah satunya adalah apakah pegawai-pegawai di kantor ini individualistis karena terfokus pada pekerjaan, namun setelah bertemu langsung dengan para pegawainya pertanyaan tersebut langsung terjawab dengan sendirinya, karena para pegawai di kantor ini sangat ramah, sebagian besar humoris, dan sangat mendampingi kami sebagai pegawai on-the-job-training (OJT).

Pada beberapa hari pertama, kami pegawai OJT yang berjumlah 20 orang masih dikumpulkan pada Subbagian Umum, seperti halnya orientasi, kami dikenalkan pada cara kantor ini bekerja, dikenalkan pada seksi-seksi yang ada dan juga melakukan office tour, dikenalkan oleh beberapa Kepala Seksi, Kepala Subseksi, serta pegawai yang sedang memiliki waktu luang dan bersedia untuk sharing tentang pekerjaan secara singkat. Tibalah hari dimana ditempatkan pada masing-masing seksi dan saya mendapatkan Subbagian Umum tepatnya pada bagian surat administrasi masuk yang juga bisa dikategorikan frontdesk. Saya senang mendapatkan posisi ini karena saya berpikir bahwa posisi inilah yang akan mengantarkan saya mengetahui lebih lanjut sebagian alur proses bisnis yang terjadi pada kantor ini, dan pada posisi ini juga dapat bertatap muka langsung dengan Pengusaha Pengurusan Jasa Kepabeanan (PPJK). Dan benar saja beberapa proses bisnis bermula dari surat administrasi masuk seperti permohonan readress manifest, permohonan pembukaan segel, permohonan pembatalan Pemberitahuan Ekspor barang (PEB), dan masih banyak hal lainnya.

Pada awalnya, saya masih banyak melakukan kesalahan dan membuat saya minder, namun kemudian saya ingat bahwa saya berada di kantor pelayanan terbaik dan akan bekerja disini nantinya, hal seperti itulah yang membuat saya kembali semangat dalam bekerja dan mengingat bahwa kakak dan abang senior senantiasa mengingatkan, membenahi, dan mengarahkan saya supaya lebih baik lagi kedepannya dan dapat berkontribusi pada kantor ini. Di surat administrasi masuk, saya menjadi mengenali beberapa karakter karena bertemu dengan berbagai macam PPJK, ada yang masih muda, sangat senior, lucu, tanpa ekspresi, banyak berbicara, pendiam dan lain sebagainya dan juga belajar bagaimana cara menghadapinya yang tentunya menjadi pengalaman unik tersendiri. Kantor ini pun juga akrab terhadap pengguna jasa atau stakeholder yang berhubungan langsung dengan kantor ini. Berbicara mengenai fasilitas kantor yang sangat lengkap membuat para pegawai sangat nyaman saat bekerja, fasilitas-fasilitas yang diberikan antara lain seperti memiliki beberapa ruang rapat, memiliki aula yang cukup besar, mushola yang nyaman, semua ruangan sudah dilengkapi AC, dan komputer yang sudah terkoneksi dengan internet dan CEISA, horas lounge untuk para tamu atau PPJK, terdapat poliklinik beserta dokter, ruang laktasi, creative centeryang didalamnya terdapat ruang baca dan mini gym serta mini studio yang digunakan diluar jam kantor tentunya, bahkan terdapat salon yang diperuntukkan bagi para pegawai, serta terdapat mess bagi pegawai yang lembur atau untuk pegawai terminal yang sudah terlampau larut untuk pulang.

Dan salah satu yang saya suka dari kantor ini adalah terdapat pantry yaitu tempat para pegawai menghabiskan waktu istirahat bersama sebelum sholat dzuhur dengan makan bersama-sama dalam satu ruangan yang kemudian biasa dilanjutkan dengan bercengkerama satu sama lain sehingga meningkatkan keakraban. Tidak hanya terfokus pada pekerjaan mengenai kepabeanan dan cukai, kantor ini juga berkontribusi dalam hal-hal lain, misalnya olahraga, pengarusutamaan gender, bahkan bakti sosial, dan baru-baru saja ini dibangun lapangan voli dengan tujuan menunjang kegiatan olahraga para pegawai di hari jumat, sehingga bila hari jumat tiba setelah kegiatan wajib yaitu senam pagi, para pegawai dapat berolahraga voli di lapangan voli atau tenis meja di creative center, bermain musik, atau melakukan fitness di mini gym. Ada juga olahraga beladiri karate, olahraga ini baru saja meraih juara II umum pada piala tetap yang diadakan Bea Cukai Pematang Siantar, yang diikuti oleh beberapa pegawai tetap dan kami para pegawai OJT. Meskipun hanya memperoleh medali perunggu tapi saya sudah merasa senang, tetapi belum berpuas diri karena masih ada kejuaraan-kejuaraan lain yang menanti. Banyak pengalaman-pengalaman berharga yang sudah kami dapatkan meskipun baru kurang lebih satu bulan berada di kantor ini, dan kami tidak sabar untuk mendapatkan pengalaman-pengalaman yang seru, unik, dan menarik lainnya selama beberapa tahun kedepan di kantor ini.

 

Ditulis oleh Hariyani Kurnia Dewi, pegawai on-the-job-training pada Bea Cukai Kualanamu