Kaleidoskop 2021 Bea Cukai Banyuwangi

Tahun 2021 masih dalam belengguh kecemasan dan kekhawatiran akan dampak pandemi Covid-19. Dimana hidup diharuskan berdampingan dengan wabah yang sangat mematikan. Pemerintah mengambil kebijakan dengan penerapan PPKM untuk mengantisipasi lonjakan kasus, yang pada akhirnya berdampak pada program pemulihan ekonomi nasional.

Lantas, Bagaimana Bea Cukai Banyuwangi dalam membantu memulihkan ekonomi?


Pandemi bukan menjadi penghalang kami, untuk bekerja dengan sepenuh hati mengawasi dan memberikan pelayanan yang terbaik kepada masyarakat Banyuwangi. Menggeliatnya sektor ekspor sebagai salah satu penopang perekonomian memberikan udara segar. Bersaingnya komoditi dalam negeri di pasar internasional memberikan peluang dalam mempercepat pemulihan ekonomi. Melalui program klinik ekspor, bea cukai banyuwangi tidak henti-hentinya berusaha dalam menggali, mengasistensi dan menfasilitasi pelaku usaha dalam negeri untuk melebarkan sayapnya di dunia internasional. Untuk pertama kalinya, Banyuwangi tercatat melakukan ekspor 1 ton langsung melalui bandara internasional banyuwangi. Dalam kurun waktu tahun 2021 nilai ekspor Banyuwangi mencapai Rp. 1,4 miliar. Pemulihan ekonomi semakin terasa, terbukti dengan kinerja positif di sektor penerimaan. Hal tersebut didukung dengan capaian penerimaan di sektor bea masuk dan cukai. Realisasai penerimaan sepanjang tahun 2021 telah mencapai target yang ditentukan. Mengawasi dan melindungi masyarakat dari barang berbahaya adalah amanah yang harus dilaksanakan. Berbagai tantangan dan risiko yang dihadapi tidak melunturkan tanggung jawab yang telah diemban. Berbagai kegiatan dilaksanakan, bekerja sama dengan pemerintah daerah dan aparat penegak hukum untuk menekan peredaran barang berbahaya dimasa pandemi. Mengawasi dari darat laut dan udara untuk mecegah wilayah Indonesia dikotori oleh barang-barang ilegal. Tidak hanya melaksanakan tugas dan fungsi yang telah diamanahkan, Bea Cukai Banyuwangi ditengah keterbatasan juga turut serta dalam memberikan edukasi kepada masyarakat. Melalui pelaksanaan berbagai kegiatan webinar dan kegiatan sosial. Tahun 2021 tidak lepas dari pencapain prestasi yang ditorehkan. Berbagai prestasi diraih, dengan penuh semangat dan usaha dalam persaingan yang sehat. Peraihan tersebut tidak terlepas dari peran dan dukungan dari segala sisi.
Perubahan merupakan hal abadi di dunia ini, lakukan semua hal dengan semaksimal mungkin dan percayalah di hari esok kita bisa lakukan hal yang lebih baik. Terus berjuang dan semangat menggapai mimpi, Banyuwangi jenggirat tangi. #kaleidoskop2021 #isunbanyuwangi #bcbanyuwangi #beacukaimakinbaik