Internalisasi Uji Coba Piloting Implementasi CEISA 4.0
Hai SobatIsun,
Masih ingat dengan aplikasi CEISA? Yap, aplikasi Bea Cukai berbasis IT yang mengakomodir pelayanan dan pengawasan Kepabeanan dan Cukai. Mulai tahun 2021, CEISA bertransformasi menjadi CEISA 4.0 yang pastinya hadir lebih canggih dengan tampilan user friendly.
Pada hari Selasa (09/08), Bea Cukai Banyuwangi melaksanakan internalisasi uji coba piloting implementasi CEISA 4.0 sesuai Keputusan Direktur Jenderal Bea dan Cukai nomor 124/BC/2022 tanggal 22 Juli 2022 tentang Pelaksanaan Uji Coba Piloting Implementasi CEISA 4.0. Kegiatan internalisasi dilaksanakan di Media Center dan dihadiri Kepala Kantor Bea Cukai Banyuwangi, Kepala Seksi Pelayanan Kepabeanan dan Cukai dan Dukungan Teknis, Pejabat Fungsional dan pelaksana dari masing-masing seksi.
Sebagai pengantar awal kegiatan internalisasi, Pulung Raharjo menjelaskan tentang transformasi sistem IT Bea Cukai dari tahun 1990 sampai saat ini yang sudah menggunakan aplikasi CEISA. Seiring berkembangnya teknologi yang semakin canggih, Direktorat Jenderal Bea dan Cukai juga berkomitmen untuk meningkatkan sistem IT dalam mewujudkan simplifikasi proses pelayanan dan pengawasan serta peningkatan validitas data secara real time. Hal ini dibuktikan dengan transformasi CEISA menjadi CEISA 4.0. Kegiatan internalisasi dilanjutkan dengan pengenalan dan uji coba piloting CEISA 4.0 oleh pegawai Seksi Pelayanan Kepabeanan dan Cukai, Ari Susena. Ari menjelaskan tahapan piloting CEISA 4.0 dimulai dari tahap migrasi data pada bulan Mei tahun 2022 sampai tahap mandatory seluruh sistem pada bulan Desember tahun 2022. Perlu diketahui bahwa CEISA 4.0 nantinya akan digunakan oleh pegawai Bea Cukai dalam memproses dokumen Kepabeanan dan pihak pengguna jasa akan menggunakan Portal CEISA 4.0 (yang merupakan transformasi dari Modul Kepabeanan).
Peralihan dari CEISA ke CEISA 4.0 akan berjalan secara bertahap dengan dukungan dari Pegawai Bea Cukai dan Pengguna Jasa. Bea Cukai Banyuwangi akan berkomitmen untuk memenuhi segala hal, baik dari sarana prasarana sampai pemahaman pegawai dan asistensi kepada Pengguna Jasa demi terlaksananya implementasi CEISA 4.0 dalam proses pelayanan dan pengawasan Kepabeanan. Dengan diimplementasikannya CEISA 4.0, diharapkan proses pelayanan dan pengawasan dapat berjalan lebih cepat, tepat sasaran, terintegrasi, dan pastinya akan membawa institusi Bea Cukai Makin Baik! "Kita harus berbangga karena tergabung dalam institusi yang selalu mengedepankan kemajuan IT dalam menjalankan fungsi pelayanan dan pengawasan" – Pulung Raharjo, Kepala Seksi Pelayanan Kepabeanan dan Cukai