Internalisasi Sasaran Strategis, Kualitas Kontrak Kinerja K3, IKU dan Manual IKU

bcbogor.beacukai.go.id – BOGOR – Pengelolaan Kinerja merupakan bagian penting dari reformasi birokrasi untuk mewujudkan penyelenggaraan organisasi yang profesional, efektif dan efisien dalam mencapai tujuan organisasi. Bea Cukai Bogor sebagai instansi vertikal DJBC terus berbenah diri dengan melaksanakan berbagai macam program kerja serta inovasi untuk menjadi unit kerja yang berkinerja tinggi demi mencapai tujuan tersebut.

Demi meningkatkan pemahaman pegawai terkait pengelolaan kinerja, Seksi Kepatuhan Internal Bea Cukai Bogor mengadakan internalisasi Sasaran Strategis (SS), Kualitas Kontrak Kinerja (K3) serta Indikator Kinerja Utama (IKU) dan Manual IKU pada Kamis, (08/10) melalui aplikasi zoom. Acara dibuka oleh Kepala Seksi Kepatuhan Internal, Ade, yang dilanjutkan dengan pemaparan materi oleh Kepala Subseksi Kepatuhan Pelaksanaan Tugas Pelayanan dan Administrasi, Muksin Ridwani.

Dalam pemaparannya, Muksin menjelaskan hal-hal terkait pengertian SS, IKU dan bagian-bagiannya, pembuatan kontrak kinerja dan manual IKU dan tips cara menghitung Kualitas Kontrak Kinerja

“Penilaian kinerja adalah penilaian terhadap kinerja organisasi dan pegawai atas realisasi kinerja dibandingkan dengan target yang ditetapkan pada periode monitoring. penggunaan aplikasi e-performance dan e-logbook yang sangat mudah, efisien dan dapat diakses secara realtime, sangat mendukung dalam proses penilaian kinerja pada setiap level sehingga menjadi lebih termonitor” ucapnya.

Dalam penyusunan IKU, lanjut Muksin, harus mencerminkan tugas dan fungsi utama pegawai dan organisasi serta didasarkan para prioritas dan fokus organisasi. Dalam penilaian kinerja, dikenal istilah K3 yang dilakukan berdasarkan kriteria yang objektif dengan meminimalkan judgement yang bersifat subjektif.

“Hasil penilaian Kualitas Kontrak Kinerja akan berpengaruh kepada penghitungan Tunjangan Kinerja (TUKIN) tahunan, penilaian kinerja pegawai serta merupakan komponen dalam penghitungan pegawai berprestasi” tegasnya.

Diharapkan dengan kegiatan ini, setiap pegawai semakin sadar dan peduli terhadap IKU masing-masing, karena kunci keberhasilan pengelolaan kinerja suatu organisasi dipengaruhi oleh kualitas IKU yang baik, target yang menantang serta disiplin pegawai.