Gelar Sosialisasi Koperasi, Bea Cukai Maluku Kembangkan Potensi dan Kemampuan Ekonomi Pegawai
Ambon, 21/01/2020 - Berlokasi di ruang aula, Bea Cukai Maluku menggelar kegiatan sosialisasi dengan mengambil tema tentang pemberdayaan koperasi guna mengembangan potensi dan kemampuan ekonomi pegawai. Selaku narasumber dalam kegiatan sosialisasi kali ini adalah berasal dari Dinas Koperasi dan UKM Kota Ambon dan dihadiri oleh seluruh pejabat dan pegawai Kantor Wilayah DJBC Maluku, serta perwakilan pegawai Bea Cukai Ambon, sebagai peserta kegiatan.
Selaku Plh. Kepala Kantor Wilayah Bea Cukai Maluku, Zubaidy Yulianto, Kabid Kepatuhan Internal, dalam sambutannya menyampaikan bahwa kegiatan sosialisasi ini dimaksudkan untuk memberikan pemahaman dan pengetahuan pejabat dan pegawai terhadap pentingnya peran koperasi guna membangun dan mengembangkan potensi dan kemampuan ekonomi pegawai pada khususnya dan masyarakat pada umumnya untuk meningkatkan kesejahteraan ekonomi dan sosialnya. “Diharapkan nanti setelah terbentuknya koperasi, para pegawai dapat berperan aktif dalam pengembangan dan pemanfaatan koperasi. Jenis kegiatan yang bisa dilakukan oleh koperasi antara lain meliputi pemenuhan kebutuhan konsumsi anggota, pengadaan barang dan jasa, simpan pinjam serta kerjasama dan investasi. Pengelolaan koperasi akan mampu berkontribusi dalam peningkatan kesejahteraan anggota dan pertumbuhan ekonomi daerah maupun nasional’,ujar Zubaidy.
Dalam kesempatan yang sama, Kepala Bidang Koperasi pada Dinas Koperasi dan UKM Kota Ambon, Frans Datumbanua menjelaskan bahwa koperasi dibangun atas dasar gotong-royong, untuk itu membuat koperasi di instansi pemerintahan sangat tepat. Selain itu juga dijelaskan tentang langkah perencanaan pembentukan koperasi, jenis kegiatan dan status koperasi, syarat keanggotaan dan modal awal koperasi, serta dasar dan syarat pendirian koperasi.
Acara sosialisasi berjalan lancar, para peserta memperhatikan dengan saksama materi yang disampaikan, dan dilanjutkan dengan sesi tanya jawab oleh para peserta yang hadir di acara tersebut.