Dialog Kinerja Organisasi (DKO) Kantor Wilayah Bea dan Cukai Jawa Timur II
Dialog Kinerja Organisasi (DKO) Kantor Wilayah Bea dan Cukai Jawa Timur II, Senin (14/10)
Dialog Kinerja Organisasi (DKO) merupakan sebuah kegiatan yang dilakukan untuk evaluasi dan monitoring atas kinerja pada Kantor Wilayah DJBC Jawa Timur II,
DKO dilakukan secara berkala setiap bulan.
Pada DKO selain dibahas capaian kinerja, juga dibahas terkait kendala, masalah, hingga rencana kerja sebagai tindak lanjut capaian kinerja Kantor Wilayah DJBC Jawa Timur II pada bulan September. Pada DKO ini dibahas pula Indikator Kinerja Utama (IKU), bagaimana perkembangan capaian secara berkala setiap bulan.
Acara DKO ini diawali dengan pembukaan sekaligus sambutan Kepala Kantor Wilayah DJBC Jawa Timur II, Agus Sudarmadi yang menyampaikan tujuan kantor “Menjadikan Kanwil DJBC Jawa Timur II profesional melayani, tegas mengawasi, dengan empati di dalam memastikan optimal penerimaan negara, pengawasan efektif dan fasilitasi/asistensi yang tepat sasaran”
Selanjutnya dilakukan pemaparan kinerja Kantor Wilayah DJBC Jawa Timur II secara bergantian yang dilakukan oleh masing-masing Bidang/Bagian yang dipimpin langsung oleh Kepala Bidang Kepatuhan Internal, Indasah. Indasah memaparkan bahwa sampai dengan bulan September dari 18 IKU yang disepakati pada Kanwil DJBC Jawa Timur II, 17 IKU berkategori hijau dan 1 IKU berkategori kuning. Selain itu juga dipaparkan raw data pendukung IKU tersebut lengkap dengan capaian secara berkala
Selanjutnya, dibahas beberapa kendala dan masalah yang menghambat pencapaian IKU dan juga strategi atau tindakan yang akan dilakukan untuk mencapai target pencapaian IKU tersebut
Sebagai penutup, pelaksanaan Dialog Kinerja Organisasi sangatlah penting dalam mewujudkan visi dan misi organisasi. Dialog Kinerja Organisasi tidak hanya melihat capaian IKU semata, akan tetapi sebagai sarana untuk menyusun rencana kerja pada periode berikutnya.