Bintal Rutin : Shirah Nabawiyah Perjalanan Hidup Rasulullah

 

Bitung, 21 Juni 2021 - Bea Cukai Bitung laksanakan giat Bimbingan Mental (Bintal) Agama Islam rutin bulan Juni secara daring yang diikuti oleh seluruh pegawai Muslim Bea Cukai Bitung. Giat ini mengusung tema Shirah Nabawiyah tentang perjalanan hidup Nabi Muhammad SAW oleh Ustaz Zainal Dama.

 


"Disebutkan dalam hadits Bukhari bahwasannya peristiwa awal turunnya wahyu kepada Rasulullah adalah diawali dengan Ar-Ru'yah Ash-Shadiqah (mimpi yang benar) di dalam tidurnya. Tidaklah Beliau bermimpi kecuali yang Beliau lihat adalah sesuatu yang menyerupai belahan cahaya subuh, dan di dalam dirinya dimasukkan perasaan untuk selalu ingin menyendiri.", terang Ustaz Zainal Dama. Ustaz Zainal Dama melanjutkan, setelah mendapatkan mimpi tersebut, Rasulullah memutuskan pergi ke Gua Hira untuk berdiam diri. Beliau beribadah di sana setiap malam selama beberapa hari. Hingga pada 17 Ramadan, datanglah malaikat Jibril kepadanya. Kemudian Malaikat Jibril meminta Rasulullah membaca "Iqra" namun Rasulullah berkata "aku tidak bisa membaca", hingga Jibril menarik dan mendekap Rasulullah tiga kali, kemudian Rasulullah membaca Surah Al-Alaq ayat 1-5. Sejak turunnya wahyu pertama inilah Nabi Muhammad SAW resmi menjadi utusan Allah.
Tak lupa Ustaz Zainal Dama berpesan, bahwa sebagai umat Islam kita harus senantiasa meneladani sifat-sifat Rasulullah seperti sabar dan terus berikhtiar, karena sifat yang baik inilah yang akan membuat kita menjadi umat Islam yang senantiasa takut kepada Allah SWT dan senantiasa bersabar menghadapi berbagai ujian dan cobaan yang datang dalam kehidupan kita.