Bekali Perusahaan untuk Piloting CEISA 4.0 TPB, Bea Cukai Bogor Hadirkan Direktorat Informasi Kepabeanan dan Cukai

bcbogor.beacukai.go.id – Bogor – Dalam rangka uji coba (piloting) CEISA 4.0 kepada perusahaan TPB yang berada dibawah pengawasan Bea Cukai Bogor, pada hari Selasa dan Rabu (22-23/11) Bea Cukai Bogor menghadirkan Direktorat Informasi Kepabeanan dan Cukai untuk membantu perusahaan mengoperasikan CEISA 4.0 TPB.

Kegiatan ini dihadiri oleh Tim IT seluruh perusahan TPB yang berada dibawah pengawasan Bea Cukai Bogor yang dilaksanakan secara hybrid yaitu langsung di Aula lantai 3 KPPBC TMP A Bogor dan secara daring melalui media Zoom Meeting dengan mengundang Kepala Seksi Manajemen Layanan Teknologi Informasi Direktorat IKC , Oky Singgih Nugroho, didampingi pemeriksa Bea Cukai Direktorat IKC Bima Suryaprana Harja, Anwar Hidayat, dan Andi Ivan Noviawal.

Kepala Kantor Bea dan Cukai Bogor, Amin Tri Sobri dalam sambutannya menyampaikan bahwa “Bea Cukai selalu berinovasi mengembangkan sistem pelayanan yang mengikuti perkembangan zaman. Oleh karena itu Bea Cukai memperkenalkan sistem yang baru yaitu CEISA 4.0 TPB yang memudahkan perusahaan dalam mengajukan dokumen melalui web tanpa instal aplikasi terlebih dahulu. Oky Singgih Nugroho juga menambahkan bahwa piloting CEISA 4.0 TPB ini dilaksanakan untuk mempersiapkan perusahaan TPB menyambut rencana mandatory CEISA 4.0 pada semester 1 tahun 2023 mendatang, tak lupa ia berpesan kepada semua peserta yang hadir agar menyimak pemaparan materi dan menanyakan segala kendala dan permasalahan yang dialami selama proses piloting CEISA 4.0 TPB,” ujarnya.

 


Kegiatan pemaparan materi diawali oleh Bima Suryaprana Harja yang menginstruksikan setiap peserta untuk mengakses https://portal.beacukai.go.id dan membimbing setiap peserta untuk login atau meregistrasikan akun secara langsung. Selanjutnya Anwar Hidayat menyimulasikan proses pengajuan dokumen impor atau ekspor secara langsung yang diikuti oleh setiap peserta. Selama proses pemaparan materi registrasi akun dan simulasi pengajuan dokumen berlangsung setiap peserta yang mengalami kendala dipersilahkan bertanya dan dibantu langsung oleh Direktorat IKC untuk menyelesaikan permasalahan yang dihadapi. Anwar Hidayat juga menyampaikan “setiap peserta diharapkan memperhatikan kondisi jaringan internet yang mumpuni agar proses pengajuan dokumen berjalan dengan lancar,” pungkasnya.