Bea Cukai Tangerang Tingkatkan Kompetensi SDM melalui Pelatihan ICE-CSC

Tangerang, 20 Maret 2025 – Dalam rangka mewujudkan pelayanan prima yang berstandar internasional, Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea dan Cukai (Bea Cukai) Tangerang menyelenggarakan kegiatan Peningkatan Kompetensi Pegawai (PKP) dengan mengusung tema Indonesian Customs and Excise Client Service Charter (ICE-CSC). Acara ini merupakan bagian dari implementasi Learning Organization (LO) Tahun 2025 yang dicanangkan oleh Kementerian Keuangan.


Kegiatan PKP yang berlangsung secara offline di Aula Lantai III Kantor Bea Cukai Tangerang ini diikuti oleh seluruh pejabat dan pegawai setempat. Materi pelatihan difokuskan pada peningkatan pemahaman standar etika penampilan dan manajemen layanan (managing service), penguatan pelayanan berorientasi excellent kepada pengguna jasa, dan penanaman kembali nilai-nilai Kementerian Keuangan, Program Budaya, dan Sikap Dasar DJBC sebagai landasan karakter pegawai. Acara dibuka secara resmi oleh Kepala Seksi Penyuluhan dan Layanan Informasi, Bapak Robertus Rio Surya Budi Laksana, kemudian dilanjutkan dengan paparan dari Fery Gunawan, Kepala Subdirektorat Bimbingan Pengguna Jasa dan Manajemen Layanan Informasi sebagai narasumber utama.
Pelaksanaan PKP ini menunjukkan komitmen Bea Cukai Tangerang dalam menerapkan Learning Organization, sebuah pendekatan dimana institusi secara terus-menerus meningkatkan kapasitas SDM-nya melalui berbagai program pelatihan. Dengan terselenggaranya PKP ini, Bea Cukai Tangerang berharap akan memberi dampak dengan peningkatan kualitas pelayanan kepada Masyarakat dan stakeholder, dapat memperkuat citra institusi sebagai penyelenggara layanan publik yang profesional serta Membangun budaya kerja yang selaras dengan nilai-nilai Kementerian Keuangan. Kegiatan ini sekaligus menjadi bukti keseriusan DJBC dalam menyiapkan SDM yang unggul menyongsong tantangan era globalisasi.