Bea Cukai Magelang Adakan FGD Triwulan III Bertemakan Menuju Kemenkeu Government 4.0

Magelang, 14-09-2021 - Untuk membahas kerangka kerja integritas Kemenkeu dan mencapai Kemenkeu Unggul dengan Learning Organization (LO), Bea Cukai Magelang mengadakan Focus Group Discussion (FGD) Pejabat Administrator Triwulan III Tahun 2021 dengan tema "Menuju Kemenkeu Government 4.0" bersama seluruh pejabat/pegawai melalui media zoom meeting, Senin (13/09).


Heru Prayitno selaku Pejabat Administrator menyampaikan, "Kerangka kerja integritas merupakan sebuah kerangka yang sistematis dan komprehensif dalam rangka meningkatkan integritas, mencegah korupsi, dan berfungsi sebagai acuan bagi pemimpin dan pegawai dalam rangka membangun budaya integritas, sistem pencegahan dan penindakan yang terintegrasi dengan berpedoman pada nilai-nilai dan budaya Kemenkeu serta kepemimpinan. Terdapat 4 pilar yang menjadi cara pandang sikap dan perilaku pegawai yaitu regulasi, struktur, proses, dan sumber daya." Dalam rangka mencapai Kemenkeu unggul dengan LO, Heru juga menjelaskan bahwa LO dapat membentuk pegawai Kemenkeu yang dapat belajar secara mandiri dan dapat menjadi generasi pemelajar yang mampu beradaptasi dalam merespon perubahan lingkungan. Strategi yang digunakan dalam LO yaitu dengan menerapkan 10 indikator komponen penilaian berupa strategic fit and management commitment, learning function organization, learning spaces, learning solutions, leaders participation in learning process, learners, knowledge sharing culture, feedback, learning value chains, and learner's performance, ucapnya.
Sebagai penutup, Heru berharap para pemimpin dapat menjadi role model bagi bawahannya dan memegang teguh 9 komitmen pemimpin. Selain itu, setiap pegawai diharapkan mampu menjadi pemelajar yang dapat belajar secara mandiri sehingga dapat menyampaikan pengetahuan yang diperolehnya secara grup maupun organisasi serta dengan adanya LO semoga tidak ada kesenjangan keahlian yang terlalu jauh di antara para pegawai.