Bea Cukai Juanda Tingkatkan Pelayanan Publik, Langkah Konkret Menuju Kemajuan
Sidoarjo (6/11) - Pagi ini, halaman Kantor Bea Cukai Juanda dipenuhi oleh seluruh pegawai Bea Cukai Juanda dan Pegawai Pemerintah Non Pegawai Negeri (PPNPN) dalam sebuah apel rutin bulan November yang dilaksanakan dengan penuh semangat dan dedikasi. Apel ini dipimpin oleh Kepala Seksi Pengolahan Data dan Administrasi Dokumen (PDAD), Bara Suliawantoro, yang bertindak sebagai Pembina Apel.
Mengawali apel, Pembina Apel Bara Suliawantoro mengingatkan kembali pidato Menteri Keuangan yang telah disampaikan pada saat upacara peringatan Hari Oeng Republik Indonesia ke-77 beberapa waktu lalu. Pidato Menteri Keuangan tersebut membahas konsep "Kemenkeu Melayani Lebih Baik" dengan beberapa poin kunci yang perlu dipahami bersama.
Poin-poin penting yang disampaikan dalam pidato tersebut adalah sebagai berikut:
1. Seluruh Jajaran Kemenkeu adalah Pelayan Publik: Menteri Keuangan menegaskan bahwa seluruh jajaran Kementerian Keuangan, termasuk Bea Cukai Juanda, adalah pelayan publik. Pelayanan bukan hanya menjadi tugas mereka yang berinteraksi langsung dengan masyarakat, tetapi juga mereka yang bekerja di berbagai tingkatan organisasi.
2. Memahami Kebutuhan Publik: Untuk mewujudkan "Kemenkeu Melayani Lebih Baik," penting untuk memahami kebutuhan masyarakat. Kementerian Keuangan harus terus memperbaiki diri dengan mendengar masukan, aspirasi, dan feedback dari masyarakat.
3. Peningkatan Layanan: Meskipun Kementerian Keuangan telah menerima berbagai penghargaan, Menteri Keuangan mengingatkan bahwa harapan masyarakat terhadap pelayanan Kementerian Keuangan masih tinggi. Oleh karena itu, diperlukan inisiatif dan transformasi dalam layanan keuangan negara.
4. Sinergi dan Kolaborasi: Untuk mencapai pelayanan yang lebih baik, Kementerian Keuangan perlu mengajak berbagai stakeholders terkait untuk bertransformasi bersama. Kolaborasi dengan pihak lain dianggap penting.
Pembina Apel juga menyampaikan sebuah perumpamaan, "Jika ingin berjalan cepat, maka berjalanlah sendiri. Jika ingin berjalan jauh, maka berjalanlah bersama. Kondisi dan situasi saat ini, masyarakat menghendaki agar Bea Cukai dpt berjalan cepat dan berjalan jauh sekaligus. Untuk itu diperlukan soliditas, sinergi, dan inovasi agar mampu memberikan pelayanan yang lebih cepat dan jauh lebih baik kepada masyarakat." Setelah apel selesai, kegiatan dilanjutkan dengan rapat Dialog Kinerja Organisasi, yang dihadiri oleh seluruh pimpinan, termasuk para Kepala Seksi dan staff Bea Cukai Juanda. Rapat ini membahas isu-isu strategis yang berkaitan dengan pelayanan dan pengawasan kepabeanan dan cukai dalam ruang lingkup Bea Cukai Juanda.
Dengan semangat penuh dedikasi dan komitmen untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat, apel bulan November dan rapat Dialog Kinerja Organisasi ini diharapkan dapat menjadi langkah awal menuju pelayanan yang lebih baik dan efisien di Bea Cukai Juanda serta seluruh Kementerian Keuangan.