Bea Cukai Cikarang Perkenalkan Inovasi SI-ABAH pada Acara Dialog Kinerja Risiko dan Organisasi (DKRO) Kanwil DJBC Jakarta



Cikarang, 10 September 2025 – diawali olahraga bersama, semangat inovasi terus digelorakan Bea Cukai Cikarang. Dalam acara Dialog Kinerja Risiko dan Organisasi (DKRO) Kanwil DJBC Jakarta, Bea Cukai Cikarang memaparkan terobosan digital andalannya, Sistem Aplikasi Beda Hamparan (SI-ABAH). Inovasi ini menjadi wujud nyata komitmen menghadirkan pelayanan yang transparan, efektif, dan berorientasi pada kepatuhan.
lebih luas.



 


SI-ABAH lahir dari kebutuhan di lapangan untuk mengatasi tantangan dalam proses pelayanan dan pengawasan perpindahan barang di kawasan berikat berbeda hamparan. Tidak hanya sekadar aplikasi, SI-ABAH dirancang sebagai solusi yang mempermudah, mempercepat, sekaligus meningkatkan akurasi layanan. Beberapa fitur unggulannya antara lain: ? Unggah dokumen berbasis template Excel yang lebih praktis ? Notifikasi WhatsApp sebagai pengingat otomatis, ? Menu CEISA Integrator yang memungkinkan perekaman dokumen pabean secara langsung. Setelah melalui proses pengembangan dan perbaikan berbasis masukan pengguna, SI-ABAH resmi diterapkan secara penuh (mandatory) sejak Oktober 2024. Respons positif dari perusahaan pengguna menjadi bukti keberhasilan inovasi ini. Tak berhenti di Cikarang, keberhasilan SI-ABAH menarik perhatian Kanwil DJBC Jakarta. Saat ini, telah diterbitkan nota dinas pembentukan tim implementasi dan dilakukan sosialisasi kepada seluruh perwakilan Kantor Pelayanan serta perusahaan yang memiliki kawasan berikat beda hamparan. Bahkan, rencana uji coba di tingkat Kanwil tengah disiapkan sebagai langkah menuju implementasi
Kepala Kantor Bea Cukai Cikarang menyampaikan bahwa SI-ABAH adalah bukti nyata bagaimana digitalisasi dan sinergi dapat melahirkan birokrasi yang bersih, modern, dan melayani (WBBM). “Inovasi ini adalah komitmen kami untuk terus adaptif, profesional, dan memberikan kemudahan bagi pengguna jasa,” ujarnya. Dengan SI-ABAH, Bea Cukai Cikarang kembali menegaskan perannya sebagai pelopor inovasi, menghadirkan pelayanan publik yang semakin efisien, transparan, dan berdaya saing tinggi.