BEA CUKAI BELAWAN ASISTENSI DAN APRESIASI AGEN PELAYARAN DI WILAYAH KERJANYA
SIARAN PERS
NOMOR PERS-07/KBC.0201/2024
BEA CUKAI BELAWAN ASISTENSI DAN APRESIASI AGEN PELAYARAN DI WILAYAH KERJANYA MEDAN (05/02/2024)– Bea Cukai Belawan laksanakan Customs Visit Customer (CVC) ke tiga perusahaan shipping lines yang beroperasi di wilayah Pelabuhan Belawan, yakni PT. Pelayaran Caraka Tirta Perkasa, PT Evergreen Shipping Agency Indonesia dan PT Meratus Line, di masing-masing lokasi perusahaan tersebut pada hari Senin (05/02/2024). Kegiatan ini dilakukan dalam upaya menjalin komunikasi yang baik dan sharing informasi kepada seluruh penggunajasa serta sebagai pemenuhan atas tugas dan fungsi DJBC sebagai Industrial Asistance.
Dalam kesempatan berbeda, Kepala Kantor Bea Cukai Belawan Ahmad Luthfi menjelaskan, “Kunjungan Bea Cukai Belawan kepada para stakeholder selain untuk membangun sinergi juga bertujuan untuk memberikan asistensi atas implementasi peraturan maupun ketentuan terbaru terkait kepabeanan dan cukai. Kegiatan ini juga menjadi langkah kami untuk mengetahui lebih banyak proses bisnis yang dilakukan perusahaan, sehingga dapat dijadikan data masukan dalam merumuskan kebijakan yang mendukung keberlangsungan usaha para pelaku bisnis.” Tim Manifest Bea Cukai Belawan yang juga hadir dalam kegiatan CVC ini secara langsung memberikan asistensi kepada perusahaan terkait persiapan implementasi CEISA 4.0 Manifest yang direncanakan akan berlaku di beberapa kantor pelayanan dan pengawasan yang mengawasi pelabuhan laut terbesar di Indonesia termasuk KPPBC TMP Belawan. Hal ini dimaksudkan untuk melakukan monitoring dan evaluasi kesiapan para agen pelayaran terhadap rencana mandatory CEISA 4.0 bagi para agen pelayaran. Kegiatan asistensi ini merupakan salah satu langkah penting yang dilakukan agar perusahaan aware dengan perubahan aplikasi dan sistem terkait kepabeanan, sehingga dapat memitigasi risiko dan kendala yang mungkin akan terjadi. Dalam kesempatan ini Bea Cukai Belawan juga menerima beberapa pertanyaan dari perusahaan utamanya terkait aturan-aturan mengenai pengajuan dokumen manifest dan beberapa kendala teknis di lapangan, yang langsung mendapatkan penjelasan sesuai ketentuan yang berlaku, serta memberikan solusi atas kendala tersebut. Di kesempatan yang sama, sebagai wujud apresiasi atas kinerja dan kepatuhan perusahaan dalam melaksanakan kegiatan kepabeanannya, kepada ketiga perusahaan tersebut masingmasing diberikan Piagam Penghargaan sebagai Agen Pelayaran Terbaik Tahun 2023. Penghargaan ini tentunya setelah melalui tahapan seleksi dari kurang lebih 30 perusahaan agen pelayaran lainnya yang beroperasi di wilayah kerja Bea Cukai Belawan dan ditetapkan melalui Keputusan Kepala Kantor Bea Cukai Belawan. Harapannya melalui momentum pemberian asistensi dan apresiasi kepada perusahaan ini kiranya dapat terus memacu dan meningkatkan kepatuhan seluruh stakeholder di wilayah kerja Bea Cukai Belawan akan aturan kepabeanan dan cukai. Belawan, 05 Februari 2024 Kepala Kantor, Ditandatangani secara elektronik Ahmad Luthfi
Untuk keperluan foto dokumentasi dapat diakses di link berikut ini : https://drive.google.com/drive/folders/1jBKb67Cz37fuidfCkhJodb7qsNkOhUto