Asistensi Pelaku UMKM, Bea Cukai Malang Dorong Pengusaha untuk Ekspor Mandiri



Malang, 09-07-2024 – Bea Cukai Malang terus memberikan pendampingan dan asistensi tentang ekspor pada pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) di wilayah Malang Raya. Kegiatan ini bertujuan untuk mendukung program pemberdayaan UMKM agar para pelaku UMKM dapat melaksanakan ekspor secara mandiri.

Kepala Seksi Penyuluhan dan Layanan Informasi Bea Cukai Malang, Dwi Prasetyo Rini, mengungkapkan kegiatan asistensi telah dilaksanakan kepada pelaku usaha Keripik Tempe Bu Karsi yang berlokasi di Kabupaten Malang, pada Jumat (28/06). 

“Pemilik usaha telah mendapatkan kunjungan dari calon pembeli asal Singapura. Di sinilah peran Bea Cukai untuk memberikan asistensi dan pendampingan kepada pelaku usaha agar dapat dengan mudah menjalankan bisnis yang berorientasi ekspor,” jelas Dwi.

Dwi mengatakan Bea Cukai Malang juga menggelar kegiatan sharing session dengan pelaku UMKM binaan pada unitnya untuk mendukung UMKM naik kelas. Bea Cukai Malang turut mengundang Indra Dwi Hartanto atau akrab disapa Gus Indra selaku CEO dari PT Bafain Haridra Indonesia untuk menjadi narasumber kegiatan sharing session yang digelar di Kantor Bea Cukai Malang, pada Rabu (26/06). Selain Gus Indra, hadir pula Sartika selaku praktisi UMKM Ekspor dari PT Guna Berkat Indonesia yang menjadi moderator kegiatan sekaligus memberikan materi mengenai logistik. 

“Kami berharap kegiatan ini dapat meningkatkan kolaborasi dan sinergi antar-UMKM, serta meningkatkan pengetahuan para pelaku UMKM sehingga bisa melaksanakan ekspor,” pungkas Dwi.