Tingkat Kemampuan Pegawai, Bea Cukai Adakan Sosialisasi Identifikasi Keaslian Pita Cukai

Jakarta (18/01) – Demi meningkatkan pemahaman pejabat dan pegawai Direktorat Jenderal Bea dan Cukai (DJBC), Direktorat Teknis dan Fasilitas Cukai mengadakan sosialisasi dan pelatihan identifikasi keaslian pita cukai desain tahun 2018.

Sosialisasi yang diikuti oleh pegawai dari berbagai kantor wilayah DJBC tersebut turut mengundang perwakilan dari Perum Peruri dan Inspektorat Jenderal Kementerian Keuangan. Dalam sambutannya, Kepala Subdirektorat Pelunasan dan Pengembalian cukai berharap setelah selesainya sosialisasi tersebut, para peserta juga mampu menjadi trainer dan mengajarkan materi pelatihan mengenai pita cukai tersebut kepada para pegawai DJBC lainnya, stakeholders di bidang cukai, dan instansi terkait dalam wilayah kerja yang bersangkutan.

Di sisi lain, Direktur Produksi Perum Peruri, Syaiful Bakhri dalam sambutannya mengungkapkan bahwa “memberikan wawasan mengenai pita cukai tentunya merupakan salah satu kewajiban dari Perum Peruri, dan dengan sosialisasi ini saya mewakili dari Perum Peruri sangat merasa senang bisa turut berkontribusi”.

Selain itu, dalam sosialisasi tersebut juga dilakukan praktek pengujian dan identifikasi pita cukai menggunakan beberapa alat pengujian sederhana antara lain kaca pembesar, lampu UV, dan jarum. Berdasarkan data pengujian yang disampaikan kepada Tim Task Force di Minilab Kantor Pusat DJBC 2017, tingkat pemalsuan pita cukai relative bias diidentifikasi menggunakan alat pengujian sederhana tersebut. Sedangkan alat pengujian yang lebih lanjut menggunakan alat elektronis dan cairan kimia.