Sosialisasi Barang Penumpang dan Kiriman Ke PJTKI PT Bama Mapan Bahagia Kediri

 

Dalam rangka meningkatkan pemahaman masyarakat terutama calon tenaga kerja Indonesia terhadap kewajiban kepabeanan barang penumpang dan barang kiriman maka KPPBC Tipe Madya Cukai (TMC) Kediri melalui seksi PLI mengadakan sosialisasi di PJTKI PT Bama Mapan Bahagia. Kegiatan dilaksanakan pada tanggal 16 September 2015. Tema yang diambil kali ini adalah "Pahami ketentuan kepabeanan barang penumpang dan barang kiriman, cegah penyalahgunaannya".

  

Narasumber kegiatan sosialisasi tersebut adalah Purwanto (Kasubsi Layanan Informasi KPPBC TMC Kediri). Peserta sosialisasi adalah calon tenaga kerja wanita Indonesia yang dididik dan dilatih di PJTKI PT Bama Mapan Bahagia kabupaten Kediri. Peserta sangat antusias karena merupakan hal yang baru dan pengalaman pertama bagi mereka.

Sosialisasi ini penting dilaksanakan karena masih banyak pertanyaan dan aduan yang ditujukan kepada KPPBC TMC Kediri mengenai barang kiriman. Pertanyaan yang diajukan kebanyakan mengenai prosedur barang kiriman dan aduan soal pengenaan Bea Masuk dan Pajak impor yang dikenakan. Dengan sosialisasi ini diharapkan masyarakat terutama calon tenaga kerja Indonesia serta kerabatnya lebih memahami kewajiban kepabeanan yang dikenakan atas barang penumpang dan barang kiriman. (Red-PLI KPPBC Kediri)