Sertifikasi Kualifikasi Menembak Pistol Bea dan Cukai

Para pejabat dan pegawai bea dan cukai mengikuti kegiatan sertifikasi Kualifikasi Menembak Pistol pada hari Rabu (24/08) yang lalu. Kegiatan ini terlaksana atas kerja sama dan sinergi antar Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea dan Cukai (KPPBC) Tipe Madya Pabean B Tanjungpinang dengan Pasukan Marinir Tanjungpinang.

                Sebagai salah satu keahlian khusus yang dimiliki oleh para pegawai Bea dan Cukai, tentunya perlu untuk diadakannya sertifikasi tersebut. Dalam kegiatan ini, para peserta di arahkan oleh pihak pelatih yakni dari marinir. Para peserta di bagi dalam 2 (dua) kelompok yang kemudian masing-masing kelompok melaksanakan dua penilaian berbeda. Kelompok pertama melaksanakan penilaian menembak, sedangkan kelompok lainnya melaksanakan bongkar pasang senjata.

                Dalam penilaian menembak, dilaksanakan dalam beberapa posisi menembak, mulai dari berdiri, jongkok, tiarap dalam jarak 20 meter. Selain itu juga dilaksanakan dengan menembak reaksi 15 meter. Lalu, pada bongkar pasang senjata, para peserta di ajari mengenai sikap terhadap senjata, cara membongkar serta memasang kembali senjata tersebut. Kedua kelompok kemudian bergantian melaksanakan penilaian menembak serta bongkar pasang senjata tersebut, para peserta menunggu hasil penghitungan nilai sembari menyaksikan skill menembak dari ketua Gurindam Shooting Club (GSC), para pejabat dari KPPBC Tipe Madya Pabean B Tanjungpinang dan dari pihak Marinir.

                Setelah penghitungan nilai kualifikasi selesai dilaksanakan, didapati rangking 4 besar yang keempatnya berkualifikasi “Istimewa”, yakni rangking ke-4 diduduki oleh Bpk. Liderian Fioreza, Pelaksana Pemeriksa, dengan skor 270, disusul oleh Bpk. Alfian, Kepala Seksi Kepatuhan Internal, dengan skor 273. Di posisi kedua ditempati oleh Bpk. Andi Sigit Trianto, Kepala Subseksi Penyidikan dan Barang Hasil Penindakan, dengan skor 274. Lalu, pada posisi pertama ditempati oleh Bpk. Marlon Wongkar, Kepala Seksi Penyuluhan dan Layanan Informasi dengan skor 286.

                Acara kemudian diakhiri dengan pemasangan brevet menembak kepada 4 besar oleh Komandan Batalyon Marinir, kemudian penyerahan hadiah dari Kepala KPPBC Tipe Madya Pabean B Tanjungpinang kepada Rangking pertama, lalu ditutup dengan foto bersama. (RA)