Peningkatan Sinergi Bea Cukai Semarang dengan Pajak Semarang Timur

Semarang (08/07) – Untuk meningkatkan sinergi antar instansi vertikal di bawah Kementerian Keuangan, Kantor Bea Cukai Semarang melakukan kunjungan kerja ke Kantor Pelayanan Pajak Pratama Semarang Timur. Kunjungan tersebut dihadiri oleh Kepala Kantor Bea Cukai Semarang, Kasi PKC II, Kasi Perbendaharaan serta diterima oleh para pejabat KPP Pratama Semarang Timur.

Dalam kunjungannya, Kepala Kantor Bea Cukai Semarang Iwan Hermawan menyampaikan bahwa maksud dari kunjungan kerja kali ini adalah untuk meningkatkan sinergi dan kerja sama, serta memperkenalkan lebih dekat Kantor Bea Cukai Semarang kepada KPP Pratama Semarang Timur. Beliau menjelaskan bahwa wilayah kerja Kantor Bea Cukai Semarang meliputi Kota Semarang, Kab. Semarang, Kab.Demak, Kab. Grobogan, Kota Salatiga, dan Kab. Kendal, serta tugas pokok dan fungsi Kantor Bea Cukai Semarang adalah melaksanakan pengawasan dan pelayanan terhadap kegiatan-kegiatan perusahaan penerima fasilitas tempat penimbunan berikat dan cukai di wilayah-wilayah tersebut. “Kantor kami adalah split off dari Kantor Bea Cukai Tanjung Emas yang sekarang tugas dan fungsinya melakukan pengawasan dan pelayanan kegiatan impor ekspor di bandara ahmad yani, pelabuhan tanjung emas, barang kiriman luar negeri sedangkan Kantor Bea Cukai Semarang melakukan pengawasan dan pelayanan fasilitas tempat penimbunan berikat dan cukai” terang Iwan. Beliau juga menambahkan tentang alur dokumen serta jenis-jenis dokumen yang digunakan perusahaan penerima fasilitas tempat penimbunan berikat dan perusahaan yang bergerak di bidang cukai.

Kepala Kantor Pelayanan Pajak Pratama Semarang Widodo menyampaikan terima kasih kepada Kantor Bea Cukai Semarang atas kesediaan waktunya melakukan kunjungan kerja. Beliau menyampaikan bahwa kunjungan kerja dapat meningkatkan kerja sama karena DJBC dan DJP sebagai instansi vertikal dibawah Kemenkeu mempunyai tugas dan fungsi yang mirip yaitu menghimpun penerimaan negara berupa pajak dan pungutan impor. “Kami sangat berterima kasih dan kami mengharapkan agar Pajak dan Bea Cukai dapat meningkatkan kerja sama demi mengamankan penerimaan negara” ungkap Widodo. Beliau juga menyampaikan bahwa pertukaran data dan informasi dengan Bea Cukai sangat penting karena objek pajak juga melekat pada kegiatan impor dan ekspor.

Demikian rangkaian kegiatan kunjungan kerja Kantor Bea Cukai Semarang, semoga sinergi dan kerja sama dengan DJP pada umumnya maupun dengan KPP Pratama Semarang Timur pada khususnya dapat ditingkatkan dan merupakan kegiatan yang berkesinambungan demi pengamanan penerimaan negara.