PEKAN PANCASILA LINTAS GENERASI

Sejak dikeluarkannya Keputusan Presiden (Keppres) Nomor 24 Tahun 2016, tanggal 1 Juni ditetapkan sebagai Hari Lahir Pancasila. Pada tahun ini, Hari Lahir Pancasila diperingati dengan mengadakan Pekan Pancasila yang bertema “Saya Indonesia, Saya Pancasila.”

Tujuan dari diselenggarakannya Pekan Pancasila ini adalah untuk menguatkan dan memperkenalkan lagi dasar-dasar nilai Pancasila serta menarik minat generasi muda dan seluruh masyarakat untuk ikut berperan aktif dalam menerapkan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

Hari Selasa, 06 Juni 2017, Bea Cukai Samarinda mengadakan acara Pekan Pancasila Lintas Generasi yang bertempat di Halaman Kantor Bea Cukai Samarinda. Acara berlangsung dengan semarak dan meriah.

Sesuai dengan nama acaranya yaitu Pekan Pancasila Lintas Generasi, acara ini dimeriahkan dengan penampilan-penampilan dari Generasi Baby Boomer (usia 50 tahun ke atas dengan perkiraan tahun kelahiran 1946-1964), Generasi X (usia 40 tahun ke atas dengan tahun kelahiran ± 1965-1980), Generasi Y (usia 23-30 tahun ke atas, dengan tahun lahir antara 1981-1994),dan Generasi Z (usia 17-20 tahun ke atas, yaitu dengan perkiraan tahun lahir pada 1995-2000). Penampilan-penampilan tersebut antara lain pembacaan ikrar, pembacaan puisi, menyanyikan lagu Garuda Pancasila, dan pembacaan Pancasila yang dikolaborasikan dengan PBB.

Dengan diselenggarakannya acara ini diharapkan seluruh pegawai dapat memaknai dan mengamalkan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari.