Patroli Bea Cukai Gagalkan Penyeludupan Bawang Serta Makanan dan Minuman

BENGKALIS – Jumat (18/05/2019) Tim Operasi Patroli Laut Bea Cukai berhasil menggagalkan penyeludupan 750 karung bawang merah serta 108 karton makanan campuran dan 150 karton minuman ringan, Kamis (16/05) malam. Barang-barang tersebut berasal dari Malaysia serta diduga akan diseludupkan ke Jangkang, Bengkalis.

“Kapal Kayu KM. Kasih Ibu GT.05 dari Batu Pahat, Malaysia dengan tujuan Jangkang, Bengkalis berserta barang-barang seludupan tersebut dibawa ke Kantor Bea Cukai Bengkalis dan dikawal oleh kapal patroli milik Bea Cukai dengan nomor lambung BC 8006” kata Kepala Kantor Bea Cukai Bengkalis, Mochammad Munif.

Munif menjelaskan Tim Patroli Bea Cukai sedang melakukan Operasi Jaring Sriwijaya di perairan Bantan Tengah dan pada pukul 22.30 WIB, tim menjumpai dan memeriksa kapal KM. Kasih Ibu GT. 05 dan mendapati barang seludupan sehingga dilakukan penindakan terhadap kapal tersebut. “Tim juga mengamankan 3 ABK untuk diperiksa lebih lanjut.” Tambah Munif.

Pihak Bea Cukai Bengkalis masih melakukan penyelidikan atas kasus penyeludupan ini. “Barang-barang tersebut merupakan barang pembatasan yang memerlukan izin untuk diimpor dan diduga melanggar Undang-Undang nomor 17 tahun 2006 tentang Kepabeanan.” tutup Munif.