OTOMASI PROSES LAYANAN CUKAI MENUJU MANDATORY SAC-S

       Dalam rangka meningkatkan layanan di bidang cukai berupa otomasi proses layanan P3C (permohonan penyediaan pita cukai), CK-1, CK-1A, CK-4, CK-5 dan CK-6, Kantor Bea dan Cukai Sidoarjo menyelenggarakan kegiatan sosialisasi dan asistensi kepada penguasaha Barang Kena Cukai guna memberikan informasi, pemahaman dan ketrampilan yang memadai sehingga proses pelaksanaan Sistem Aplikasi Cukai-Sentralisasi dapat berjalan dengan smooth dan lancar.

        Sosialisasi dan asistensi dilaksanakan pada hari Selasa tanggal 15 Agustus 2017 bertempat di aula Kantor Wilayah DJBC Jawa Timur I.   Nara sumber sosialisasi adalah Kepala Seksi Pengolahan Data dan Administrasi Dokumen (Bapak Sony Akbar) dan  Kepala Hanggar Kepabeanan dan Cukai (Bapak Wasis Pramono). Sosialisasi dan asistensi diikuti oleh perusahaan yang telah siap melaksanakan sistem online diantara nya adalah 15 Pabrik hasil tembakau, 5 Pabrik MMEA, 27 Penyalur MMEA dan 12 Penyalur Etyl Alkohol.

        Dalam penyampaiannya, Bapak Wasis menyatakan bahwa mungkin beberapa perusahaan belum merasakan manfaat dari kemudahan pelaporan dengan sistem online ini, karena mungkin dokumen yang dikirimkan masih sedikit. Namun dalam perkembangannya, seperti yang telah dirasakan oleh perusahaan yang kegiatannya sangat tinggi, sistem pelaporan onlineini sangat menghemat waktu dan biaya.