Lewat Program CVC, Bea Cukai Perkuat Sinergi dengan Stakeholders



Jakarta, 05-04-2024 - Bea Cukai kembali menegaskan komitmennya dalam mendukung dan mengasistensi pertumbuhan ekspor melalui kegiatan customs visit customers (CVC). Kegiatan CVC kali ini dilakukan Bea Cukai Belawan dan Bea Cukai Tanjung Emas.

Lewat CVC, Bea Cukai Belawan mengasistensi beberapa perusahaan yaitu PT Permata Hijau Palm Oleo, PT SMART tbk., dan PT Musim Mas. Dalam kegiatan CVC Bea Cukai berdiskusi terkait permasalahan yang dialami perusahaan saat ekspor serta upaya penyelesaian atas masalah tersebut. Pada kesempatan tersebut, Bea Cukai Belawan juga memberikan apresiasi kepada perusahaan selaku eksportir yang telah berkontribusi sepanjang tahun 2023.

Kasubdit Hubungan Masyarakat dan Penyuluhan Bea Cukai, Encep Dudi Ginanjar mengungkapkan, “Layanan terhadap ekspor saat ini sudah 24/7 sehingga para stakeholders bisa mendapatkan bantuan terkait ekspor kapanpun. Ini merupakan langkah yang sangat mendukung efisiensi dalam proses ekspor.”

Sementara itu di Jawa Tengah, Bea Cukai Tanjung Emas mengunjungi ke PT Santos Jaya Abadi. Kegiatan CVC rutin dilaksanakan sebagai bagian dari pelaksanaan tugas Bea Cukai di bidang industrial assistance.

PT Santos Jaya Abadi merupakan perusahaan di Indonesia yang dikenal sebagai produsen kopi dengan merek dagang “Kapal Api” yang sudah berdiri sejak tahun 1954. Selain menguasai pasar domestik, Kapal Api juga gencar melakukan ekspor ke berbagai negara khususnya wilayah Timur Tengah. Pada tahun 2023, PT Santos Jaya Abadi meresmikan fasilitas produksi terbarunya di Kawasan Industri Candi, Kota Semarang.

Dengan adanya kegiatan ini, diharapkan hubungan antara Bea Cukai dan para stakeholdernya semakin erat, dan kualitas layanan yang diberikan dapat terus meningkat demi kemajuan bersama. Bea Cukai Belawan berkomitmen untuk terus berinovasi dan mendukung kegiatan ekspor para pelaku bisnis, yang pada gilirannya akan mendorong pertumbuhan ekonomi Indonesia menjadi semakin baik.

Encep menambahkan, “kegiatan CVC yang rutin dilaksanakan Bea Cukai di berbagai daerah ini merupakan komitmen dalam memberikan pelayanan yang maksimal. Lewat program ini juga diharapkan dapat membangun hubungan dan komunikasi yang baik antara stakeholders dengan Bea Cukai.”