Inilah 4 Pesan Penting Dirjen Bea Cukai dalam rangka Menuju Era Lepas Landas DJBC

Bogor (09/07/2018) – Direktur Jenderal Bea dan Cukai, Heru Pambudi, melakukan pengarahan kepada Pejabat dan Pegawai Direktorat Jenderal Bea dan Cukai (DJBC) yang hadir dalam acara Dialog Kinerja Organisasi Kantor Wilayah DJBC Jawa Barat. Acara dilaksanakan di Aula lantai 3 KPPBC TMP A Bogor.

Pengarahan ini sebagai bentuk perhatian Dirjen Bea Cukai kepada jajarannya yang telah bekerja luar biasa memberikan kontribusi positifnya pada negara.

“Sebagai organisasi modern, yang diberikan tugas pokok yang sangat strategis, kita diminta untuk mendorong ekspor setinggi-tingginya, dan investasi yang sebesar-besarnya. Saya memberikan apresiasi yang tinggi kepada pegawai yang telah bekerja luar biasa, yang mampu menggerakkan lingkungan kerjanya sehingga mampu menjadikan Bea Cukai seperti sekarang” ucap Dirjen Bea Cukai pada pengarahannya. 

Dirjen Bea Cukai juga berpesan agar terus belajar meningkatkan kemampuan para pegawainya dalam rangka menjawab tantangan berikutnya menuju kepada persiapan era lepas landas Reformasi Bea Cukai yang sudah dideklarasikan pada 12 Juli 2017 lalu.

“Pegawai yang memiliki prestasi, akan diberikan reward (penghargaan), sebaliknya, kepada pegawai yang melanggar aturan-aturan yang telah ditetapkan, akan diberikan punishment. Penguatan dan Pematangan di semua sektor akan terus dilakukan, sebagai persiapan menuju era lepas landas” tuturnya.

Penguatan integritas yang telah dilakukan, baik di lingkup Kantor Pusat, Kantor Wilayah, dan Kantor Pelayanan menjadikan Bea Cukai satu tahap lebih dekat dengan era lepas landas yang direncanakan pada Januari 2019. 

Hal lain yang diperlukan adalah peningkatan kompetensi pegawai dan ini telah dilakukan secara maksimal oleh Sekretariat DJBC. 

Era Lepas landas merupakan saat dimana Instansi Bea Cukai telah memiliki SDM yang bagus, Law Enforcement yang berjalan dengan seharusnya dan sistem prosedur dan administrasi yang baik yang akan menjadikan DJBC semakin unggul dan responsif serta bisa sejajar dengan institusi kepabeanan dunia. (PLI BC Bogor)