Humas Bea Cukai Sulbagtara Tak Mau Dipandang Sebelah Mata

Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Bea dan Cukai Sulawesi Bagian Utara (Kanwil DJBC Sulbagtara) baru berjalan efektif pada bulan November 2017. Kendati masih dibilang “baru lahir”, masing-masing bidang dalam Kanwil DJBC Sulbagtara langsung tancap gas dalam melaksanakan tugas pokok dan fungsinya, salah satunya bidang Fasilitas Kepabeanan. Bidang Fasilitas Kepabeanan yang membawahi seksi Hubungan Masyarakat (Humas) telah menggencarkan beberapa kegiatan-kegiatan sosialisasi dan edukasi bertemakan tentang Bea Cukai kepada masyarakat dan juga untuk pegawai bea cukai lainnya. Sebut saja kegiatan Talkshow di RRI Manado tanggal 25 Oktober 2017, Customs Goes To School di SMA Negeri 1 Manado pada tanggal 19 November 2017, Customs Visit Customer di Bitung tanggal 14 November 2017, dan Sharing Session Kanal BC tanggal 23 s.d 24 November 2017.

Mengambil satu contoh kegiatan yang telah dilakukan yaitu Customs Goes To School (CGTS), Bidang Fasilitas Kepabeanan yang diampu oleh Imam Sarjono bertujuan ingin mengedukasi masyarakat dalam hal ini para siswa agar melek terhadap Bea Cukai, sehingga dapat mengerti apa itu Bea Cukai dan bagaimana peran Bea Cukai dalam mengumpulkan penerimaan negara serta peran Bea Cukai dalam mengawasi keluar masuknya barang ekspor impor di Indonesia. Kegiatan-kegiatan yang mengedukasi seperti ini dirasa perlu karena tanpa disadari masyarakat sering berurusan dengan Bea Cukai dan apabila masyarakat belum memahami tugas dan fungsi Bea Cukai beserta peraturannya, maka dapat menimbulkan kesalahpahaman. Contohnya saja pada kedatangan luar negeri di bandara internasional, tak jarang penumpang membawa barang bawaan yang menurut ketentuan perlu dikenakan bea masuk atau membawa barang kena cukai berlebih yang perlu dimusnahkan. Apabila masyarakat belum mengetahui peraturannya, maka masyarakat akan mempertanyakan kenapa harus bayar bea masuk atas barang bawaannya, kenapa barang bawaannya harus ditegah/dimusnahkan, dan sebagainya.

Oleh karena itu Imam Sarjono mengatakan bahwa saat ini kehumasan tidak boleh lagi dipandang sebelah mata. Di zaman modern ini kebutuhan akan informasi sangat besar dan arus informasi berjalan dengan sangat cepat, oleh sebab itu humas harus bisa menjadi media sebagai kontrol dan sumber informasi tentang Bea Cukai yang update dan terpercaya.

Customs Goes to School (19 November 2017)

Customs Visit Customer (14 November 2017)

Sharing Session Kanal BC 23 s.d. 24 November 2017