CNT Tanjung Emas Beri Ilmu kepada Mahasiswa UNDIP

Senin, 16 Oktober 2017 diagendakan Himpunan Mahasiswa Hubungan Internasional Universitas Diponegoro berkunjung ke KPPBC TMP Tanjung Emas. Jurusan ini berfokus pada kriminalisasi tingkat internasional sehingga mereka meminta agar KPPBC TMP Tanjung Emas memberi materi mengenai tindak criminal berupa penyelundupan narkotika. Tim PLI melakukan koordinasi dengan seksi P2 agar memberikan narasumber pada acara tersebut sehingga tepat sasaran. Kemudian seksi P2 pun menunjuk tim Customs Narcotic Team (CNT) untuk menyampaikan materi pada acara tersebut. Para mahasiswa HMHI didampingi oleh seorang dosen pembimbing bernama Sheiffi Puspapertiwi. Tim PLI beranggotakan Rina Indrati, Yendra Robi, Lusiani Wiyanti, Qadaffi Thariq, dan Hening Sri Hidayati. Sedangkan tim CNT beranggotakan Syamsuddin, Hoding Hardiman, Wisnu Adhi Minarno, dan Anis Yulianti.

Acara dibuka dengan penyampaian sambutan dari Ibu Sheiffi dan Ibu Rina. Setelah sambutan para mahasiswa menonton video profil KPPBC TMP Tanjung Emas agar memiliki sedikit pandangan mengenai Bea dan Cukai. Pengenalan instansi Bea dan Cukai kemudian dilanjutkan oleh Ibu Rina dan Pak Robi. Seperti pada sosialisasi yang biasa dilaksanakan, materi yang disampaikan ialah instansi DJBC, tugas dan fungsinya, wewenang dan kewajiban petugas DJBC, prosedur impor, ekspor, barang kiriman, dan barang bawaan penumpang.

Setelah materi tersebut disampaikan, kemudian Hening mendobrak kembali semangat para mahasiswa dengan memainkan beberapa game. Setelah ice breaking singkat, kemudian tim CNT mengambil alih. Kali ini Anis Yulianti bertindak sebagai pemateri serta yang lainnya memimpin sesi tanya-jawab. Anis memperkenalkan tentang NPP (Narkotika, Psikotropika, dan Prekursor), kemudian mengaitkan dengan peraturan-peraturan tentang NPP, serta peraturan pidananya dalam peraturan Kepabeanan dan Cukai. Anis juga menyampaikan upaya-upaya yang dilakukan Bea dan Cukai dalam memberantas NPP baik yang dilakukan di bandara, pelabuhan, maupun pos lalu bea.

Beberapa materi yang disampaikan oleh tim PLI dan tim CNT tersebut dapat diterima dengan baik. Para mahasiswa juga aktif bertanya dan menjawab pertanyaan. Acara kemudian ditutup dengan penyerahan hadiah untuk peserta yang aktif dan juga penyerahan plakat serta foto bersama.