Bea Cukai Pantoloan Selenggarakan P2KP Mengenai Pengarusutamaan Gender (PUG)

Pantoloan (08/10/2019) - Bertempat di Aula Kantor Bea Cukai Pantoloan, Selasa 08 Oktober 2019, Bea Cukai Pantoloan menyelenggarakan Program Pembinaan Keterampilan Pegawai (P2KP) mengenai Pengarusutamaan Gender (PUG) yang disampaikan oleh Staf Urusan Keuangan Yusdi Hariyanto Demmanora. Acara dibuka oleh Plh. Kepala Kantor Bea Cukai Pantoloan Irwan Sakti Alamsyah.

Yusdi menjelaskan, secara umum PUG merupakan strategi untuk mencapai keadilan dan kesetaraan gender melalui kebijakan, program, dan kegiatan. Konsep gender tersebut mengacu pada peran dan tanggung jawab sebagai perempuan dan sebagai laki-laki. Dalam pengimplementasiannya, PUG dapat dianalisis melalui 2 metode yaitu melalui Gender Analysis Pathway (GAP) yang merupakan alat analisis gender dari Kementerian Keuangan dan Gender Equality Organizational Assessment Tool (GEOAT) yang merupakan alat analisis gender dari World Customs Organization (WCO).

Diharapkan dengan diimplementasikannya PUG di lingkungan Kementerian Keuangan, para pegawai dapat memahami konsep, prinsip, dan strategi PUG serta menghilangkan kesenjangan gender.