Bea Cukai Marunda adakan Inhouse Training mengenai Narkoba

  Marunda (28/11/2018) – Hari ini, dalam rangka meningkatkan pemahaman dan pengetahuan tentang Narkoba serta dampaknya, Bea Cukai Marunda mengadakan Inhouse Training, bekerja sama dengan Badan Narkotika Indonesia (BNN) Provinsi DKI Jakarta. Training tersebut mengambil tema Mengenal Narkoba, Jenis, Bentuk, dan Dampaknya. Dalam sambutannya, Kepala Kantor Bea Cukai Marunda, Sehat Yulianto menyampaikan bahwa Narkoba harus dicegah masuk ke wilayah Indonesia, sulitnya mengidentifikasi Narkoba jenis baru, dan pesan bagi pegawai Bea Cukai Marunda untuk menjauhi Narkoba.

Acara berlangsung sangat menarik dan interaktif. Narasumber dari acara tersebut adalah Engkos Kosidin dan Haniz Hidayat. Kedua pembicara dari BNN menyampaikan beberapa hal mengenai bahaya Narkoba, yakni ancaman Narkoba masa kini yang sudah tidak lagi mengenal strata sosial, pendidikan, dan ekonomi, serta potensi kerusakan yang ditimbulkan dapat melebihi Korupsi ataupun Terorisme dan juga ciri-ciri orang yang menggunakan obat-obatan berbahaya tersebut. Karenanya, untuk memberantas peredaran narkoba, mereka berpendapat permintaan masyarakat atas benda berbahaya ini harus dihilangkan, dan meminta kerjasama dari seluruh lapisan masyarakat termasuk institusi penegak hukum seperti Bea Cukai. Selain menjelaskan tentang jenis, bentuk, bahaya serta perkembangan penyalahgunaan narkoba saat ini, narasumber juga mendemonstrasikan ciri-ciri DNA gejala pengguna narkoba.

Acara diselingi dengan performance dari pemuda-pemudi berusia produktif yang dulunya pecandu Narkoba, dan sekarang sudah dalam binaan BNN. Dengan adanya acara pengenalan jenis, bentuk, dan bahaya Narkoba, diharapkan semua pegawai Bea Cukai Marunda dapat mencegah penyalahgunaan Narkoba, untuk Bea Cukai makin baik.