Bea Cukai Makassar Tingkatkan Kinerja Pegawai Melalui Bintal

Makassar (11/01/2018) - Dalam rangka meningkatkan kualitas dan produktifitas sumber daya manusia guna menunjang pelaksanaan tugas sehari-hari di bidang pengawasan dan pelayanan kepada pengguna jasa, Bea Cukai Makassar mengadakan kegiatan pembinaan mental kepada seluruh pegawai. Bintal yang dilaksanakan di aula Kantor Bea Cukai Makassar mengambil tema “Semangat Ibadah, Profesional Bekerja”. Kegiatan ini dihadiri oleh Kepala Kantor Wilayah Bea Cukai Sulawesi Bagian Selatan, Untung Basuki.

"Saya berharap melalui kegiatan pembinaan mental ini dapat meningkatkan kesadaran para pegawai bahwa apa yang dikerjakan memiliki nilai ibadah karena pekerjaan kita memiliki kontribusi bagi pembangunan, pendidikan, maupun kesehatan masyarakat berdasarkan tugas Bea Cukai Makassar dalam mengumpulkan penerimaan negara dan melindungi masyarakat dari peredaran barang-barang ilegal," kata Untung. Kegiatan kali ini juga diisi dengan ceramah agama dengan mengambil tema “Ibadah Mencegah dari Perbuatan Keji dan Mungkar”.

Bintal ini sekaligus dirangkaikan dengan acara syukuran atas capaian kinerja Bea Cukai Makassar yang melampaui target pada Tahun 2017. Capaian tersebut antara lain realisasi penerimaan yang mencapai 103 persen, indeks kepuasan pengguna jasa yang tinggi yaitu 4,59 (skala 5), dwelling time yang semakin singkat yaitu mencapai angka 2,3 hari, dan kinerja pengawasan yang berhasil menindak 10,3 juta batang rokok senilai 5,5 miliar, 1.413 botol minuman keras illegal, dan 989 butir ekstasi. Syukuran ini ditandai dengan pemotongan tumpeng oleh Kepala Kantor Bea Cukai Makassar, Gusmiadirrahman. Seluruh capaian tersebut diharapkan dapat lebih ditingkatkan lagi di Tahun 2018. Untuk itu kegiatan pembinaan mental diperlukan agar seluruh pegawai dapat bekerja secara jujur dan professional untuk menghadapi tantangan yang semakin berat kedepannya.