Bea Cukai Magelang Asistensi Tata Laksana Ekspor pada PT Usmanjaya Mekar Textile Industry

Magelang (26/11) - Direktorat Jenderal Bea dan Cukai memiliki 4 Fungsi Utama dalam menjalankan peranannya, salah satunya yaitu sebagai trade facilitator atau memfasilitasi perdagangan dalam negeri. Untuk memperlancar arus perdagangan atau arus ekspor industri dalam negeri, Bea Cukai Magelang mengadakan asistensi mengenai Tata Laksana Kepabeanan di Bidang Ekspor kepada PT Usmantex. Kegiatan ini berlangsung di meeting room PT Usmantex dan diikuti oleh pejabat Bea Cukai Magelang beserta beberapa staff bagian produksi, pemasaran, marketing manager dan development manager PT Usmantex itu sendiri.
 
PT Usmanjaya Mekar Textiles Industry atau yang lebih dikenal dengan nama PT Usmantex berlokasi di Kecamatan Tempuran, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah dan merupakan perusahaan yang bergerak di bidang produksi tekstil atau garmen yang berkembang cukup pesat. Dengan luas lahan sekitar 2,7 hektare perusahaan ini didukung oleh 950 pegawai yang terus bergerak untuk tumbuh berkembang dengan terus memperbaiki sistem, aplikasi, dan meningkatkan kualitas produknya bagi para customers.
 
Mochammad Chaerani, Kepala Seksi Kepatuhan Internal dan Penyuluhan menyampaikan bahwa "Ketika suatu perusahaan akan mengekspor barang wajib menyampaikan pengajuan Pemberitahuan Ekspor Barang (PEB) dengan dokumen BC 3.0 namun sebelumnya harus sudah mengajukan dan membuat Modul PEB pada kantor Bea Cukai setempat atau Kantor Bea Cukai yang melayani dan mengawasi pemuatan barang ekspor tersebut. Maka dari itu, disini kami berusaha untuk membantu PT Usmantex dalam mempermudah pelayanan ekspor sehingga dapat memperlancar arus perdagangan dan meningkatkan pertumbuhan perusahaan," ujarnya.
 
Dengan adanya asistensi tata laksana ekspor ini, semoga arus pemasaran produk perusahaan ke negara-negara Timur Tengah, Jepang, dan Amerika Serikat bisa terus meningkat diimbangi dengan kualitas produk ekspor yang memenuhi high quality standard di pasaran internasional sehingga dapat meningkatkan perekonomian negara, mendorong investasi, menambah devisa negara, dan juga dapat menyerap tenaga kerja dari masyarakat.
 
#beacukai #beacukaimakinbaik