Bea Cukai Dukung Sinergi Program Pemanfaatan DBH CHT



Jakarta, 30-04-2024 – Sinergi dalam program pembinaan industri merupakan upaya nyata Bea Cukai dalam memberantas peredaran barang kena cukai (BKC) ilegal. Kolaborasi pemerintah pusat, dalam hal ini Bea Cukai, dengan pemerintah daerah adalah bentuk sinergi yang nyata pada masa digitalisasi data sesuai tuntutan zaman. Bea Cukai melalui unit vertikalnya, yaitu Kanwil Bea Cukai Sulawesi Bagian Selatan dan Bea Cukai Yogyakarta, lakukan kerja sama dalam program pembinaan industri, untuk mendukung bidang kesejahteraan masyarakat dan bidang penegakan hukum.

Kepala Subdirektorat Humas dan Penyuluhan Bea Cukai, Encep Dudi Ginanjar, mengungkapkan bahwa kerja sama ini adalah implementasi pemanfaatan dana bagi hasil cukai hasil tembakau (DBH CHT) yang diperoleh pemerintah daerah. “DBH CHT adalah salah satu penerimaan daerah yang bersumber dari APBN (anggaran pendapatan dan belanja negara) yang ditransfer ke daerah penghasil cukai dan/atau penghasil tembakau,” imbuhnya.

Kepala Seksi Bimbingan Kepatuhan dan Humas Kanwil Bea Cukai Sulawesi Bagian Selatan, Cahya Nugraha, hadir sebagai narasumber dalam rapat sinergi antara satuan polisi pamong praja (Satpol PP) di wilayah Provinsi Sulawesi Selatan, pada Rabu (23/04). Dalam penyampaiannya, membahas beberapa materi penting, termasuk APBN tahun 2024. Selain itu, ia juga mengulas tentang sinergi dalam penegakan larangan rokok ilegal serta pemanfaatan DBH CHT.

“Hal ini merupakan komitmen untuk mendukung upaya penegakan peraturan yang efektif di wilayah Sulawesi Selatan,” ujar Cahya.

Sementara itu, di Yogyakarta, Bea Cukai Yogyakarta hadir dalam pembukaan kegiatan yang digelar oleh Balai Latihan Kerja (BLK) Dinas Tenaga Kerja Kabupaten Sleman, pada Senin (22/04). BLK Dinas Tenaga Kerja Kabupaten Sleman menggandeng PT Sampoerna dalam melaksanakan kegiatan pelatihan non-institusional sub-kejuruan dengan DBHCHT Kabupaten Sleman 2024 yang dilaksanakan pada 22 April hingga 13 Mei 2024.

Dalam sambutannya, Sutiasih, selaku Kepala Dinas Ketenagakerjaan Kabupaten Sleman, menyampaikan bahwa pelatihan kerja dengan DBH CHT untuk memberdayakan tenaga kerja atau karyawan pabrik rokok PT Sampoerna. “Dengan DBH CHT ini, sangat bermanfaat untuk meningkatkan keterampilan karyawan sehingga dapat menambah keterampilan maupun penghasilan,” ungkapnya.