Bea Cukai Belawan Sosialisasikan Peraturan Tentang MPN G-2

BELAWAN – Rabu, 29 Juni 2016 KPPBC TMP Belawan menyelenggarakan sosialisasi kepada pengguna jasa kepabeanan di lingkungan KPPBC TMP Belawan dengan materi berupa Peraturan Menteri Keuangan Nomor 40/PMK.04/2016 tentang Pembayaran dan/atau Penyetoran Penerimaan Negara Dalam Rangka Kepabeanan dan Cukai Secara Elektronik serta Simulasi Pembayaran/Penyetoran Penerimaan Negara Secara Manual.

  

Acara  sosialisasi diawali dengan sambutan Kepala KPPBC TMP Belawan yang diwakili oleh Kepala Seksi Penyuluhan dan Layanan Informasi, Adhar Is. Dalam sambutannya, Adhar menyampaikan bahwa sosialisasi ini merupakan kelanjutan dari sosialisasi yang sebelumnya telah diberikan kepada pegawai DJBC pada tanggal 21 Juni 2016 di KPU Bea dan Cukai Tipe B Batam oleh Tim Sosialisasi dari Kantor Pusat DJBC.

  

Selanjutnya pemaparan materi mengenai Peraturan Menteri Keuangan Nomor 40/PMK.04/2016 dibawakan oleh Kepala Subseksi Penyuluhan KPPBC TMP Belawan, Wahyu Wibowo. Penerbitan Peraturan Menteri Keuangan tersebut dilatarbelakangi oleh adanya rencana implementasi penuh kegiatan pembayaran penerimaan negara secara elektronik (MPN G-2) di semua satker DJBC mulai 1 Juli 2016, perlunya penyempurnaan penatausahaan dan pertanggungjawaban penerimaan negara dengan pemanfaatan teknologi informasi, serta perlunya payung hukum kegiatan pembayaran dan penyetoran kepabeanan dan cukai secara elektronik.

Peraturan Menteri Keuangan tersebut juga mengatur mengenai pembayaran/penyetoran penerimaan negara secara manual serta fasilitas koreksi billing dalam rangka pelayanan kepabeanan dan cukai. Pembayaran/penyetoran penerimaan negara secara manual dapat dilakukan dalam hal sistem billing mengalami gangguan atau pembayaran penerimaan di daerah perbatasan/daerah lain yang lokasinya jauh dari lokasi bank/pos persepsi.

Untuk lebih memudahkan pemahaman para peserta, dilakukan Simulasi Pembayaran/Penyetoran Penerimaan Negara Secara Manual yang dipandu oleh Bapak M. Rofi selaku Bendahara Penerimaan KPPBC TMP Belawan. Sosialisasi berjalan dengan baik dan berlangsung interaktif yang terbukti dengan tingginya antusiasme peserta pada sesi tanya jawab.

(PLI KPPBC TMP Belawan)