Pusat Pengaduan Masyarakat

Terima kasih telah mengunjungi layanan pengaduan masyarakat DJBC

Apabila Anda :

  1. Mempunyai keluhan terkait pelayanan kepabeanan dan cukai;
  2. Mengetahui informasi dugaan pelanggaran di bidang kepabeanan dan cukai; dan
  3. Mengetahui adanya sikap dan perilaku Pegawai Bea dan Cukai yang diduga melanggar ketentuan disiplin dan/atau kode etik

Silakan sampaikan pengaduan Anda kepada kami melalui saluran pengaduan DJBC


Saluran Pengaduan:

A.  Sistem Aplikasi Pengaduan Online

Anda dapat menyampaikan pengaduan secara online melalui website DJBC http://www.beacukai.go.id/pengaduan.html

Setiap pengaduan yang Anda sampaikan akan mendapatkan nomor tiket. Nomor tiket dapat digunakan untuk menelusuri perkembangan tindak lanjut penanganan pengaduan, menambahkan data/informasi yang diperlukan, membuat data pengaduan baru, dan browsing daftar pengaduan yang pernah Anda buat.

Penggunaan nomor tiket sebagai upaya menjaga kerahasiaan informasi dan identitas pengadu. Sampaikan informasi pengaduan Anda dengan lengkap dan jelas, agar kami dapat menindaklanjuti pengaduan dengan efektif.


B.  Saluran pengaduan lainnya

Apabila Anda mengalami kesulitan untuk menyampaikan pengaduan melalui sistem aplikasi pengaduan online, Anda dapat menyampaikan pengaduan melalui saluran di bawah ini dengan tetap mendapatkan nomor tiket untuk dapat mengakses sistem pengaduan online.


Telepon : (021) 1500 225 (Bravo Bea Cukai)
Faksimile : (021) 4890966
E-mail : pengaduan.beacukai@customs.go.id
Surat : d.a. Direktur Kepatuhan Internal Direktorat Jenderal Bea dan Cukai Jl. Ahmad Yani By Pass - Rawamangun, Jakarta Timur Jakarta - 13230
Menyampaikan secara langsung melalui Unit Kepatuhan Internal di setiap Kantor Bea Cukai

Partisipasi dan peran serta Anda sangat penting dalam mewujudkan Bea Cukai makin baik