Komitmen DJBC Terhadap Layanan Publik Ramah Kelompok Rentan

Dasar Hukum:

  1. UU Nomor 25 Tahun 2009 tentang Pelayanan Publik
  2. UU Nomor 8 Tahun 2016 tentang Penyandang Disabilitas
  3. SE-66/2020 MenpanRB tentang Penyediaan Sarana Prasarana Bagi Kelompok Rentan Dalam Penyelenggaraan Pelayanan Publik


Dalam rangka melaksanakan pelayanan publik prima dan ramah bagi semua kelompok, DJBC telah menginisiasi beberapa program ramah untuk kelompok rentan dan pelayanan publik inklusif pada kantor-kantor sebagai berikut:

Penyelenggara Percontohan Penyediaan Sarana Prasarana Ramah Kelompok Rentan:

  1. KPPBC TMP Tanjung Perak
  2. KPPBC TMP Cikarang
  3. KPPBC TMP A Bekasi
  4. KPPBC TMP Ngurah Rai


Penyelenggara Pelayanan Publik Inklusif: KPPBC Yogyakarta

Indikator Sarana dan Prasarana Khusus yang telah disediakan bagi Kelompok Rentan:

  1. Kursi roda/tongkat/krek;
  2. Pintu masuk yang mudah diakses;
  3. Jalan landau dengan pegangan rambat;
  4. Lift khusus kelompok rentan dilengkapi huruf braile;
  5. Selasar yang menghubungkan semua ruang;
  6. Toilet khusus kelompok rentan;
  7. Loket khusus kelompok rentan;
  8. Ruang tunggu khusus kelompok rentan;
  9. Guilding block khusus kelompok rentan;
  10. Parkir khusus kelompok rentan yang mudah diakses;
  11. Alat bantu tunanetra, alat bantu tunarungu;
  12. Arena bermain anak;
  13. Ruang laktasi/menyusui;
  14. Fasilitas lain sebagai pendukung layanan bagi kelompok rentan (Petugas pemandu, petugas yang mampu berbahasa isyarat).

REGISTRASI IMEI BEA CUKAI (dengan bahasa isyarat) klik di sini

BARANG BAWAAN PENUMPANG (dengan bahasa isyarat) klik di sini