Dorong UMKM Naik Kelas, Bea Cukai Jalin Sinergi dengan Pemerintah Daerah dan Pihak Swasta



Jakarta, 17-03-2023 – Dalam mendukung kinerja ekspor, Bea Cukai lakukan asistensi terkait ekspor kepada para pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM). Kegiatan asistensi ini dilakukan bersama pemerintah serta juga pihak swasta.

“Sinergi Bea Cukai dengan pemerintah daerah dan pihak swasta ini bertujuan untuk mendorong pelaku UMKM agar bisa ekspor. Peningkatan pelaku ekspor tentu meningkatkan nilai ekspor sehingga kinerja ekspor berjalan optimal,” ujar Kepala Subdirektorat Humas dan Penyuluhan Bea Cukai, Hatta Wardhana.

Bea Cukai Bandung berkolaborasi dengan Dinas Perdagangan, Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah, dan Perindustrian (Disdagkoperin) Kota Cimahi dan BNI Xpora Bandung berikan sosialisasi kepada 20 pelaku UMKM di wilayah Kota Cimahi, Kamis (09/03). Dalam kesempatan ini, Bea Cukai Bandung memberikan materi terkait tata laksana ekspor dan pengenalan fasilitas kemudahan impor tujuan ekspor (KITE) industri kecil menengah (IKM).

Fasilitas KITE IKM adalah salah satu fasilitas yang diberikan Bea Cukai kepada pelaku IKM yang mengimpor bahan dari luar negeri untuk kemudian diolah dan hasilnya diekspor. Perusahaan penerima fasilitas KITE IKM mendapatkan fasilitas berupa pembebasan dari kewajiban membayar bea masuk, pajak pertambahan nilai (PPN), maupun pajak penjualan atas barang mewah (PPnBM).

Di Banjarmasin, Bea Cukai Banjarmasin bersama dengan Rumah BUMN BNI asistensi ekspor para penggiat UMKM Kalimantan Selatan, pada Selasa (14/03). Kegiatan ini merupakan wadah bagi para eksportir berbagi ilmu dan pengalamannya tentang bagaimana cara melakukan ekspor, persiapan ekspor, serta kendala yang dihadapi saat ekspor.

“Bea Cukai berfungsi sebagai industrial assistance dan trade facilitator untuk memberikan asistensi kepada para calon eksportir, sedangkan pemerintah daerah bertugas sebagai pengampu kebijakan untuk memberikan kemudahan dalam mengurus segala perizinan. Sementara BNI memberikan dukungan dari sisi permodalan bagi pelaku UMKM,” terang Hatta.

Sementara itu, di Tangerang Selatan, Bea Cukai Banten baersama satuan kerja di lingkungan Kementerian Keuangan Banten atau Kemenkeu Satu Banten lakukan koordinasi dengan Pemerintah Provinsi Banten untuk mendukung pelaku UMKM di wilayah Banten.  Kegiatan ini dilaksanakan pada Rabu (22/02) lalu.

“Dengan semangat kolaborasi, Pokja UMKM Kemenkeu akan terus mendukung upaya untuk mendorong UMKM Provinsi Banten dapat naik kelas. Kolaborasi ini diharapkan dapat meningkatkan sinergi antara Kementerian Keuangan dengan berbagai instansi terkait, dalam mendukung UMKM untuk terus maju bahkan tembus ke pasar internasional,” pungkas Hatta.