TUKAR ILMU BERSAMA BEA CUKAI MARUNDA TENTANG PENGELOLAAN INOVASI APLIKASI DAN PENGELOLAAN MEDIA SOSIAL

Halo Sedulur Besma!
Pada hari Selasa, 22 November 2022, Bea Cukai Semarang kedatangan tamu dari Bea Cukai Marunda dalam rangka studi banding. Dalam kegiatan kali ini banyak sekali ilmu yang bisa didapat lho. Kunjungan ini disambut oleh Bier Budy Kismulyanto, Kepala Kantor Bea Cukai Semarang, yang menyampaikan ucapan terima kasih atas kunjungan ke Bea Cukai Semarang dan Bier berharap dengan terlaksananya kegiatan ini dapat menambah pengetahuan dan menumbuhkan inovasi yang belum ada di kantor masing-masing.

Kemudian dilanjutkan kegiatan diskusi bersama. Dalam diskusi kali ini, fokus yang dibahas yaitu aplikasi mandiri Bea Cukai Semarang, progress pengaplikasian Ceisa 4.0, pengelolaan talent serta pengelolaan konten dokumentasi di Bea Cukai Semarang. Teguh Santosa selaku Pemeriksa Bea Cukai Ahli Pertama menjelaskan mengenai serba-serbi Aplikasi SIPANJI (Aplikasi Pelayanan dan Perizinan), Aplikasi SIMANTUL (Aplikasi Pembatalan dan Pembetulan) serta progress pengaplikasian Ceisa 4.0 di Bea Cukai Semarang. Diskusi berjalan sangat interaktif, masing-masing kantorpun saling berbagi pengalaman dan kendala yang dihadapi serta mencari alternatif solusi dalam menghadapi kendala. Dalam diskusi kali ini dikupas berbagai masalah teknis dan juga upaya penyelesaiannya.

Setelah diskusi dengan Seksi Pengolahan Data dan Administrasi Dokumen, selanjutnya giliran Seksi Penyuluhan dan Layanan Informasi berdiskusi yang membahas teknis pengelolaan talent dan juga pengelolaan konten dokumentasi kantor. Di sini juga dijelaskan peran Millenial Semarang dalam mengemas kegiatan Kantor Bea Cukai Semarang.
“Penunjukan PIC ternyata perlu diterapkan ya agar beban kinerja tidak bertumpu pada satu orang sehingga hasil dari kinerja dapat lebih optimal” ucap Haryo Sendiko menanggapi penjelasan dari Stefani Ajeng. Kedua belah pihak mendapatkan pengalaman baru yang dapat dijadikan contoh untuk diimplementasikan di masing-masing kantor.


KPPBC TMP A Semarang