Tingkatkan Kewaspadaan Terhadap Bencana Kebakaran, Bea Cukai Kuala Langsa Adakan Pelatihan Penggunaan APAR.

  
Langsa, Rabu (11/11) - Bea Cukai Kuala Langsa adakan Sosialisasi Penggunaan APAR (Alat Pemadam Api Ringan) dengan narasumber dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kota Langsa. Acara sosialisasi dilaksanakan mulai pukul 15.00 dan diikuti oleh seluruh pejabat, pegawai, CS dan PKD yang ada di Kantor Bea Cukai Kuala Langsa.
-
Acara dibuka oleh Kepala Kantor Bea Cukai Kuala Langsa, Tri Hartana dan dilanjutkan dengan Sosialisasi Penggunaan APAR oleh Tim Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kota Langsa. Beliau menjelaskan klasifikasi kelas kebakaran yg dibagi menjadi 4 golongan yakni, Kelas A kebakaran yang dikarenakan benda padat, Kelas B yang dikarenakan benda cair yang mudah terbakar, C yang dikarenakan oleh instalasi listrik bertegangan serta D kelas kebakaran yang dikarenakan oleh bahan logam yang mudah terbakar.
-
Selain itu beliau menjelaskan terkait tata cara penggunaan APAR serta menjelaskan terkait jenis-jenis APAR yg dibagi menjadi 4 yakni, Dry Chemical Powder/Serbuk Kimia Kering, Carbon Dioxide/Co2, Foam AFFF/Cairan Busa, Hallon Free/Pengganti Hallon.
-
Setelah pemaparan materi, acara dilanjutkan dengan praktek langsung pemadaman api yang dilakukan oleh peserta sosialisasi yang hadir. Melalui tata cara penggunaan APAR yang sudah diajarkan para peserta dapat dengan mudah mengaplikasikan dalam praktek langsung pemadaman api. Dengan adanya sosialisasi tersebut diharapkan para Pejabat, Pegawai, CS dan PKD dapat waspada dan cepat tanggap apabila terjadi musibah kebakaran di Kantor Bea Cukai Kuala Langsa.
-
 


-
-