STUDI TIRU KLINIK EKSPOR BEA CUKAI GRESIK

 

Gresik (07/04) – Sebagai bentuk tugas dan fungsi Bea Cukai sebagai trade facilitator atau fasilitasi perdagangan, Bea Cukai membentuk Layanan Klinik Ekspor yang tugasnya memfasilitasi UMKM orientasi ekspor. Bea Cukai Gresik terima kunjungan Bea Cukai Malang dalam acara Studi Tiru Klinik Ekspor pada Kamis, 07 April 2022. Acara yang bertempat di Aula Bea Cukai Gresik ini dihadiri oleh Tim Klinik Ekspor Bea Cukai Gresik, Bea Cukai Malang, Diskoperindag dan juga Koperasi Kriya Giri Sejahtera.


Dibuka oleh Kepala Kantor Bea Cukai Gresik, Bier Budy Kismulyanto, menyampaikan bahwa latar belakang terbentuknya klinik ekspor Bea Cukai Gresik dimulai dari mulai menyamakan persepsi apa itu ekspor hingga melakukan berbagai strategi. Berbagai strategi dilakukan Bea Cukai Gresik seperti pemetaan potensi dan peluang, pembentukan layanan klinik ekspor, sosialisasi, asistensi OSS, pendampingan, asistensi mediasi dan koneksi, memberikan akses jaringan pasar, hingga sinergi dan kolaborasi dengan instansi terkait. Pada awalnya juga terdapat UMKM yang sudah mengeskpor produknya ke luar negeri namun melalui pihak ketiga/ broker, sehingga asistensi dari Bea Cukai bertujuan untuk UMKM bisa ekspor secara mandiri. Acara yang dilanjutkan dengan sesi diskusi, Kepala Seksi PKC Bea Cukai Malang, Dian Purwanto, menyambut baik dan juga menyampaikan bahwa di Malang juga sudah banyak UMKM ekspor namun dalam ekspornya masih melalui pihak ketiga. Bier Budy juga menyampaikan bahwa diperlukan pelaku usaha yang benar-benar serius untuk bisa ekspor, instansi daerah yang mempunyai tujuan yang sama dalam pemberdayaan UMKM, dan dari Bea Cukai juga harus memahami terkait clustering produk berdarkan jenis usaha para UMKM.
Mewakili diskoperindag Gresik, Sunik menyampaikan bahwa dalam clustering UMKM orientasi ekspor ini ada cara khusus yang disampaikan. Sejak berkolaborasi dengan Bea Cukai, bahwa UMKM yang sebelumnya mendapatkan asistensi secara teori dapat merealisasikan ekspornya. Diharapkan dengan adanya kegiatan ini, dapat menjadi referensi kantor lain dalam menjadikan klinik ekspor lebih banyak dikenal dan berdampak positif pada masyarakat luas.