Sasar Pelaku UMKM dan Pengusaha Milenial, Bea Cukai Sosialisasikan Ketentuan Kepabeanan

 



Jakarta, 01/12/2021 – Untuk mendukung industri dalam negeri melaksanakan ekspor, Bea Cukai secara kontinyu berkolaborasi dengan instansi terkait lainnya di berbagai daerah. Kepala Subdirektorat Komunikasi dan Publikasi, Tubagus Firman Hermansjah, memaparkan bahwa pada kesempatan ini Bea Cukai Kediri melaksanakan sosialisasi bagi mahasiswa Universitas Islam Kadiri. Kegiatan ini merupakan kolaborasi bersama Bagian Administrasi Perekonomian Pemkot Kediri, untuk mengedukasi mahasiswa terkait Peraturan Menteri Keuangan Nomor 200/PMK.04/2019 tentang Pembebasan Bea Masuk dan Cukai atas Impor.

“Bea Cukai Balikpapan juga berkolaborasi dengan beberapa instansi terkait mengadakan focus group discussion terkait ekspor produk hasil laut. Diskusi kali ini berfokus pada pembahasan regulasi ekspor produk perikanan ke Cina, dan peningkatan standar penanganan protokol bahan pangan dalam ekspor produk perikanan,” ujar Firman.

Ia juga menambahkan bahwa Kanwil Bea Cukai Sulawesi Bagian Utara (Sulbagtara) turut mendorong potensi ekonomi daerah yang berorientasi ekspor, khususnya bagi pelaku UMKM dan eksportir milenial. Komunitas milenial Sulut Go ekspor telah berhasil melakukan ekspor perdana ke Korea Selatan, dengan komoditi berupa cocopeat sebanyak 44 Ton dengan nilai ekspor sekitar Rp 500.000.000.

“Cocopeat ini tergolong unik karena bahan bakunya berasal dari limbah pabrik olahan turunan kelapa. Adapun proses pemasaran melalui teknologi digital yang sudah akrab dikalangan milenial. Dan tentu, Bea Cukai akan terus memfasilitasi dan melayani proses ekspor bagi setiap eksportir yang hendak memasarkan produknya ke pasar global,” jelas Firman.

Sementara itu, Bea Cukai Ambon bersama beberapa instansi terkait lainnya dalam Tim Gabungan Peningkatan Ekspor Maluku, mengadakan asistensi secara daring bagi PT. Sumber Daya Wahana untuk membahas persiapan ekspor cocoa bean dari Seram. Melalui kegiatan ini, diharapkan calon eksportir dapat memanfaatkan fasilitas ekspor dari Bea Cukai, dan juga dapat berdiskusi terkait kendala yang dihadapi.

Harapan selanjutnya, Bea Cukai dapat terus berkolaborasi dengan instansi terkait lainnya dan masyarakat untuk mendorong potensi ekspor dari berbagai daerah.