PERWAKILAN SATU-SATUNYA DARI KEMENTERIAN KEUANGAN, SHARING SESSION SUCCES STORY BC GRESIK RAIH WBBM
Gresik (10/3), Bea Cukai Gresik hadir pada acara koordinasi dan penguatan unit kerja ZI menuju WBK/WBBM tahun 2022 yang diselenggarakan oleh Sekretariat Direktorat Jenderal Bea dan Cukai melalui aplikasi zoom meeting.
Kegiatan dibuka oleh Ibu Ayu Sukorini selaku Sekretaris Direktorat Jenderal, dalam sambutannya beliau menyampaikan bahwa perjalanan menuju zona integritas adalah perjalanan menuju organisasi yang modern dan bermartabat, upaya ini adalah tekad bersama kita di Kementerian Keuangan. Selanjutnya Agus Hermawan selaku Direktur Kepatuhan Internal beserta tim memaparkan komitmen pimpinan Bea Cukai dalam program zona integritas berkelanjutan.
Pada 20 Desember 2021, Bea Cukai Gresik memperoleh undangan offline oleh Kemenpan Rb dalam rangka Penghargaan kepada Unit Kerja yang memperoleh Predikat Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM), Bea Cukai Gresik menjadi satu-satunya perwakilan dari kementerian keuangan yang hadir secara offline. Hal ini tidak luput dari pertimbangan utama yaitu berhasil berkolaborasi dengan berbagai instansi pemerintah dan membuahkan outcome yang nyata.
Saat ini dari total 146 satuan kerja Bea Cukai, terdapat 115 satker berpredikat WBK dan 15 satker berpredikat WBBM. Di tahun 2021 terdapat 9 satker meraih predikat WBBM yang salah satunya adalah Bea Cukai Gresik. Dalam sesi sharing session, Bier Budy Kismulyanto selaku Kepala Kantor Bea Cukai Gresik menyampaikan berbagai kisah Bea Cukai Gresik sehingga berhasil meraih predikat WBBM. Pada penjelasannya Bier menyampaikan beberapa poin-poin plus untuk meraih WBBM: 1. Replikasi Inovasi Inovasi Bea Cukai Gresik telah berhasil direplikasi oleh kantor lain seperti Aplikasi ijin timbun online dan Klinik Ekspor. 2. Role model Bea Cukai Gresik menjadi role model WBK dalam pelaksanaan Internalisasi Nasional DJBC (Komponen Peningkatan Kualitas Pelayanan Publik) 3. Delta Perubaha Dalam sisi pengawasan, penerimaan, jani layanan hingga realisasi ekspor IKM/UMKM Bea Cukai Gresik selalu meningkat. 4. Prestasi Berbagai prestasi diperoleh oleh unit kerja maupun individu pegawai dibidang pengelolaan keuangan, pelayanan kepabeanan dan cukai, pembinaan IKM/UMKM dan akademis. 5. Community Engagement Pelaksaan kegiatan untuk intimasi pengguna layanan dan masyarakat seperti Ngopi Becik, pemberian penghargaan kepada pengguna jasa hingga edukasi ke masyarakat luas bahwa "Ekspor itu Mudah"
Berbagai respon positif diterima oleh Bea Cukai salah satunya dari Kakanwil Jatim II, Oentarto Wibowo, dalam komentar nya beliau menyampaikan respon "Sharing Session yang luar biasa, Bapak-Bapak! Kita semua banyak belajar! Acara yang ditutup dengan sesi tanya jawab ini, diharapkan dengan adanya koordinasi dan penguatan unit kerja, dapat menjadikan Kantor Bea Cukai yang lebih baik dan optimal dalam pelayanan tentunya tidak luput dengan dukungan dari masing-masing seluruh aspek dalam kantor.