Peringatan Hari Pabean Internasional 2021

Hari Pabean Internasional atau International Customs Day ke-69 diperingati pada 26 Januari 2021.

Hari Pabean Internasional tahun ini mengusung tema “Customs bolstering Recovery, Renewal and Resilience for a Sustainable Supply Chain” didedikasikan untuk upaya bersama Bea Cukai keluar dari krisis yang diakibatkan pandemi virus corona Covid-19 serta mendukung masyarakat dan bisnis dengan memperkuat rantai pasokan global, memperkuat kolaborasi, memanfaatkan teknologi dan menempatkan “manusia” di pusat proses transformasi.

Hari Pabean Internasional 2021 diperingati dengan serangkaian acara yaitu Apel Khusus Hari Pabean Internasional dengan konsep hybrid, Olimpiade Hari Pabean Internasional, dan kegiatan Donor Darah yang diselenggarakan di Kanwil DJBC Jawa Barat.

Apel Hari Pabean Internasional yang disiarkan melalui media virtual ini diikuti oleh seluruh pegawai DJBC di Indonesia sehingga partisipasi pegawai lebih menyeluruh dan semangat Hari Pabean Internasional 2021 dapat tersampaikan dengan baik.


Kemudian Olimpiade Hari Pabean Internasional dilaksanakan dengan mengangkat tema Kepabeanan Internasional yang dilaksanakan dalam Bahasa Inggris. Olimpiade kali ini diharapkan dapat memaknai Hari Pabean Internasional melalui partisipasi berbagai kantor dan satker DJBC sekaligus peningkatan pengetahuan melalui berbagai media digital di masa pandemi saat ini. Kanwil DJBC Jawa Barat berhasil mengirimkan perwakilan yang lolos ke babak 5 besar yaitu Eka Fitriadi Purwanto dan Randy Christanto. Adapun kegiatan donor darah dalam rangka Hari Pabean Internasional ke-69 ini sebagai sarana solidaritas terhadap nilai kemanusiaan.
Semoga peringatan Hari Pabean Internasional dapat menjadi pendorong semangat bagi Bea Cukai untuk terus meningkatkan kinerja lebih baik lagi, Bea Cukai Makin Baik!