MENJAMU MAHASISWA DENGAN TEKNOLOGI

Jakarta (14/01/2020) - Kunjungan 100 mahasiswa Universitas Pakuan Program Studi Ilmu Komputer ke Kantor Pusat Bea Cukai pada 14 Januari 2020 yang bertujuan uyntuk memperoleh wawasan mengenai pemanfaatan teknologi informasi dan proses kerja Bea Cukai.

Direktur Informasi Kepabeanan dan Cukai (IKC), Agus Sudarmadi menjelaskan secara langsung bahwa Bea Cukai sudah menerapakan teknologi informasi yang dibangun dengan swadaya pegawai Bea Cukai sendiri yaitu Customs and Excise Information System and Automation (CEISA). Mengingat Bea Cukai bukan hanya sebagai instansi pemerintah tetapi juga bagian dari rangkaian pasok logistik domistik, saat ini penggunaan CEISA 4.0 dapat digunakan untuk segala proses bisnis antara pengguna jasa dan Bea Cukai. Dengan adanya CEISA, seluruh sistem pelayanan di Bea Cukai dapat termonitor, terintegrasi, transparan dan tersedia selama 7/24 jam. Para pengguna jasa juga dapat  mengakses darimana saja dan kapanpun dengan syarat terhubung internet. Selanjutnya, para mahasiswa melihat langsung command center untuk melihat sistem yang ada di Direktorat IKC, dan dijelaskan materi mengenai tugas dan fungsi, visi dan misi, serta fasilitas kepabeanan secara garis besar sebagai gambaran pekerjaan di Bea Cukai.

Dengan adanya kunjungan ini, diharapkan para mahasiswa mampu membawa bekal wawasan yang telah dijelaskan sehingga dapat bermanfaat tidak hanya untuk diri sendiri tetapi juga untuk negara Indonesia yang lebih maju.